Banner Pemprov 2020
Banner september

Buah dan Sayur yang Tanpa Disadari Dikonsumsi dengan Cara Salah

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Konsumsi makanan sehat merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Tidak hanya pada masa pandemi COVID-19 saja, konsumsi makanan sehat penting untuk kita lakukan.

Makanan sehat ini mencakup sayur dan buah yang penting kita konsumsi untuk sehari-hari. Sayangnya, pada sejumlah buah dan sayur, tanpa sengaja kita mengonsumsinya degan cara yang salah.

Cara konsumsi yang salah ini kemudian menyebabkan nutrisi yang harusnya kita peroleh tidak optimal. Padahal, kandungan nutrisi tersebut sejatinya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Sejumlah kesalahan ini, mengejutkannya sering kita lakukan pada sayuran dan buah yang sangat sering kita konsumsi. Dilansir dari medicaldaily.com berikut sejumlah makanan yang sering kita konsumsi secara salah sehari-hari.

1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan enzim penting bernama allicin di dalamnya. Biasanya seseorang bakal memotong bawanga kecil-kecil sebelum kemudian dimasak.

Sayangnya allicin membutuhkan paparan udara sebelum bisa berkhasiat maksimal. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi bawang putih ini sebaiknya diamkan selama sepuluh menit sebelum dimasak.

2. Tomat

Konsumsi tomat secara mentah merupakan kesalahan yang dilakukan oleh banyak orang. Pakar kesehatan menyarankan bahwa tomat sebaiknya dimasak dulu untuk bisa mendapat manfaat likopen di dalamnya. Nutrisi dari tomat ini bakal meningkat ketika dipanaskan.

3. Brokoli

Menurut pakar, brokoli sesungguhnya tidak boleh direbus atau digoreng. Sayuran ini harus dikonsumsi secara mentah atau dikukus. Brokoli kaya dengan kandungan antioksidan, vitamin C, serta kandungan anti kanker yang bisa hilang ketika sayur ini digoreng atau direbus.

4. Kiwi

Banyak orang mengonsumsi kiwi dengan cara mengupas kulitnya terlebih dahulu. Walau begitu, sesungguhnya kulit dari kiwi memiliki kandungan vitamin E, folat, dan nutrisi lain yang tinggi. Oleh karena itu, kiwi sebaiknya dikonsumsi bersamaan antara buah dan kulitnya bersamaan.

Sejumlah buah dan sayur tersebut kerap kali kamu konsumsi dengan cara yang salah. Oleh karena itu, lain kali mengonsumsi sayur dan buah ini, pastikan untuk melakukannya dengan cara yang benar. (MT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.