Banner sumsel

BPOM Gelar Kolaborasi Negara Anggota OKI

JAKARTA,koranindonesia.Id-Sedikitnya 32 negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyatakan diri hadir dalam delegasi negara-negara OKI pada acara ‘The 1st Meeting of THE Heads of National Medicines Regulatory Authorities (NMRAs) from the Organization of Islamic Cooperation Member States.

Demikian diungkapkan Kepala BPOM RI Penny K Lukito dalam keterangan pers bersama antara BPOM RI, Kementrian Luar Negeri, dan PT Bio Farma, Senin (19/11/2018). Dikatakan Penny acara akan diselenggarakan pada  21-22 November 2018.

Dijelaskan Penny, pertemuan ini untuk ‘Perkuatan Kolaborasi antar Kepala Otoritas Regulatori Obat negara OKI menuju kemandirian Obat dan Vaksin’. Hal ini bertujuan menghasilkan kesepakatan terkait strategi perkuatan kolaborasi otoritas regulatori obat negara OKI dalam rangka mempercepat kemandirian obat dan vaksin di negara OKI.

“Sekretaris Jenderal OKI Yousef Al Othaimeen telah merespon positif solidaritas BPOM RI untuk berkolaborasi membantu meningkatkan kapasitas regulasi dan produksi industri farmasi dalam memenuhi kemandirian dan keterjangkauan obat termasuk vaksin si negara anggota OKI,” katanya dalam keterangan pers, di Jakarta, Senin (19/11/2018).

Selain itu Menteri Luar Negeri RI juga sudah menyatakan mendukung pertemuan ini. Menteri Luar Negeri akan memberikan bantuan penuh antara lain terkait persidangan, negoisasi, dll. Retno Marsudi Menteri Luar Negeri menyatakan akan mendorong BPOM RI untuk terus mendukung program pengembangan kapasitas bagi Palestina di bidang pengawasan obat.

Dipaparkan Penny dalam pertemuan nanti, setidaknya akan dilaksanakan 6 working sessions yang membahas isu-isu terkait penguatan fungsi sistem regulatori obat dan kaloborasi strategis otoritas regulatori obat untuk mewujudkan ketersediaan dan kemandirian dalam memenuhi kebutuhan obat-obatan.

“Termasuk juga vaksin yang aman, berkhasiat, bermutu, serta terjangkau bagi rakyat di negara anggota OKI,” tandasnya.(Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.