Banner sumsel

BPJS Kesehatan–Dinkes Palembang Tetap Berikan Layanan Selama Cuti Lebaran

PALEMBANG, koranindonesia.id -Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Kota Palembang Andi Ashar memastikan, pelayanan kepengurusan administrasi di kantor BPJS Kesehatan Kota Palembang tetap beroperasi seperti hari biasanya, selama cuti lebaran nanti.

Hanya saja waktu pelayanannya terbatas, tidak seperti biasanya yakni pada 11-14 Juni dan 18-20 Juni dengan jam operasional dari pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB saja.

“Pelayanan administrasi yang kita layani diantaranya, pendaftaran bayi baru lahir, penerima upah, pelaporan bayi baru yang didaftarkan hingga aktivasi peserta,” katanya di ruang rapat Kantor BPJS Kesehatan cabang Palembang, Senin (4/6/2018).

Selain itu ditambahkannya, untuk peserta JKN-KIS yang akan mudik ke kampung halamannya tidak perlu cemas untuk mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan. Pasalnya, para pemudik masih dapat menikmati Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut .

“Prinsip portabilitas pada Program JKN-KIS bisa dirasakan saat-saat mudik lebaran. Sesuai dengan peraturan perundangan dan yang selama ini sudah berjalan, peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut,” bebernya.

Hal tersebut, lanjut dia, juga merupakan bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia mengungkapkan, menghadapi cuti bersama, pihaknya membuat kebijakan yang sudah memiliki dasar, merujuk surat edaran (SE) Menteri Kesehatan dan Wali Kota Palembang, pelayanan kesehatan di Kota Palembang akan tetap beroperasi.

“Di Palembang ini ada 32 rumah sakit dan 41 puskesmas serta 70 puskesmas pembantu. Selain itu juga ada klinik-klinik praktek dokter umum dan swasta. Kami juga menyediakan public safety centre yang tempatnya berada di Kantor Dinas Kesehatan Kota Palembang. Kami akan mempersiapkan pelayanan di beberapa tempat ini yang dapat melayani masyarakat kita,” ucapnya.

Ia menyebutkan selama libur dan cuti lebaran semua pelayanan kesehatan itu akan buka. Hanya saja akan ada puskesmas yang melayani dari pukul 17.00 WIB, sementara yang lain hingga pukul 14.00 WIB.

“Saat lebaran, semua Puskesmas tutup. Tapi fokus pelayanan dipusatkan di posko pelayanan kesehatan di sejumlah titik di Kota Palembang,” ucapnya.

Bersama instansi terkait diantaranya dengan Polresta Palembang, pihaknya membuka Posko Kesehatan selama arus mudik dan balik lebaran. “Di Posko Kesehatan ini juga masyarakat lain (bukan pemudik) bisa mendapat pelayanan kesehatan 24 jam. Kami menempatkan beberapa personel kesehatan di posko ini,” tandasnya. (sen)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.