Banner Muba 23 – 31 Juli 2021
banner Pemprov Juni

BKSAP DPR RI Gelar  BKSAP SDGs DAY di Kabupaten Bogor

 

 

BOGOR, koranindonesia.id – Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mengatakan BKSAP SDGs DAY merupakan forum publik yang menyerap aspirasi pemangku kepentingan terutama tentang diplomasi parlemen dalam mendukung upaya optimalisasi potensi daerah guna mencapai kepentingan nasional di kancah global.

 

“BKSAP juga berperan sebagai  jembatan dengan berbagai institusi di negara-negara yang kita mempunyai grup kerja sama bilateral atau di dalam berbagai konferensi dengan parlemen dari berbagai wilayah dunia,” ujar Fadli Zon saat berdialog dengan Civitas Akademika dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor di Kantor Bupati Bogor, Jumat, (3/9/2021).

 

Disampaikan Fadli, Bogor merupakan salah satu kabupaten yang selalu berinovasi secara kreatif untuk dapat mencapai target pembangunan secara efektif, sebagaimana tertera dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023 yang difokuskan pada upaya optimalisasi pembangunan daerah di seluruh bidang atau urusan pemerintahan.

 

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Bogor juga telah mencanangkan program satu miliar satu desa (Samisade) untuk menopang pembangunan desa dan masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, sambung Fadli, BKSAP berkepentingan dalam mempromosikan potensi Kabupaten Bogor di kancah global dan nasional sebagai upaya optimalisasi potensi daerah menuju pembangunan berkelanjutan di masa pandemi Covid-19.

 

“Bupati Bogor telah menyampaikan bahwa target-target goals atau tujuan daripada pembangunan berkelanjutan atau SDGs sudah menjadi di bagian program pemerintah Kabupaten Bogor. Saya kira ini yang sangat penting karena ini adalah tahun-tahun dimana kita harus merealisasikan meskipun di tengah pandemi Covid-19, meskipun tentu ada banyak masalah terkait ekonomi,” tutur Fadli.

 

Lebih lanjut, Fadli menyampaikan, BKSAP mendukung berbagai kegiatan yang terkait dengan diplomasi parlemen. Salah satunya termasuk menjadi jembatan bagi aspirasi Pemerintah Kabupaten, Perguruan Tinggi dan masyarakat pada umumnya yang terkait dengan tugas diplomasi di parlemen.

 

“Tadi disampaikan oleh Bupati Bogor bahwa Kabupaten Bogor ini daerah yang padat dengan jumlah penduduk di atas 5 setengah juta.  Tentu perlu kerja keras dan kerja cerdas dan salah satu jawabannya dengan pancakarsa tadi, mudah-mudahan bisa terealisasi sesuai dengan target,” harap Fadli.

 

BKSAP SDGs juga dihadiri Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera dan Achmad Hafisz Tohir serta Anggota BKSAP DPR RI Moh. Ichsan Firdaus, Fadhlullah, dan Ratih Megasari Singkarru. Turut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Bogor, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rektor Universitas Djuanda dan Pakuan serta Perwakilan Mahasiswa.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.