Banner sumsel

Bingung Cara Ganti Ban Serep? Beginilah Cara yang Harus Anda Ketahui

PALEMBANG, Koranindonesia.id —  Bagi pengendara pemula, pastinya akan merasa panik dan bingung jika tiba-tiba ditengah perjalanan ban anda kemps atau bocor. Padahal, biasanya dibawah mobil sudah terdapat ban serep untuk mengganti ban yang kemps atau bocor tersebut. Banyak pengendara yang masih merasa kebingungan bagaimana cara mengganti ban serep sendiri jika sedang berada di daerah yang tidak ada bengkel. adahal, hal itu merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki pengguna kendaraan roda empat.

Sebelum mengganti ban mobil, ada satu hal yang perlu menjadi catatan. Saat ban mobil bocor atau tiba-tiba kempes, jangan langsung berhenti. Perhatikan kondisi sekitar terlebih dahulu dan carilah tempat yang aman untuk berhenti. Ini dilakukan demi keamanan Anda dan pengguna jalan lainnya. Setelah itu, barulah Anda bisa mulai mengganti ban mobil Anda. Berikut beberapa langkah mengganti ban mobil seperti dilansir dari laman blog.mobilkamu.com sebagai berikut:

1. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

 

net

Anda tentu tidak dapat mengganti ban tanpa peralatan yang memadai. Setelah menepikan kendaraan di tempat yang aman dan menyalakan lampu hazard, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan mulai dari dongkrak mobil, kunci roda hingga ban cadangan. Ketiga peralatan tersebut harus selalu dibawa dan siap di dalam bagasi Anda. Dan saat dibutuhkan, Anda bisa langsung mengeluarkannya.

Sebaiknya persiapkan dan letakkan semua peralatan tersebut di tempat yang mudah dijangkau. Ini dilakukan agar nantinya Anda tidak perlu mondar-mandir saat membutuhkan alat-alat tersebut.

2. Kendurkan Baut Ban

net

Untuk mengendurkan baut, sebelumnya buka penutup lubang baut jika memang ada. Cungkil penutup tersebut dengan obeng dan putar baut berlawanan arah jarum jam. Trik untuk mengendurkan baut dengan mudah adalah dengan mengendurkan baut yang saling berseberangan. Ulangi cara ini hingga semua baut kendur. Namun ingat, cukup dikendurkan saja. Pada tahap ini pastikan baut ban tidak terlepas.

3. Pasang Dongkrak Mobil

net

Memasang dongkrak ada teknik dan triknya tersendiri, sama seperti cara ganti ban itu sendiri. Selain memasang dongkrak di dekat ban yang ingin diganti, pastikan juga untuk memasang dongkrak pada struktur yang kokoh. Titik terbaik untuk memasang dongkrak adalah pada titik dongkrak yang ditandai dengan cekungan di dekat roda. Pastikan juga dongkrak sudah berada dalam posisi tegak lurus. Selanjutnya angkat ban dengan dongkrak tersebut hingga ban terangkat.

Ingat, saat mengangkat mobil dengan dongkrak perhatikan posisi dongkrak. Jika dongkrak terlihat miring, jangan dipaksakan. Segera turunkan dongkrak dan atur ulang posisi dongkrak tersebut.

4. Buka Baut Ban

net

Setelah ban terangkat, Anda bisa mulai membuka baut ban hingga terlepas seluruhnya. Jangan lupa untuk menyimpan baut-baut tersebut. Lepas ban dari tempatnya dan letakkan ban pada tempat yang aman. Pastikan meletakkan ban pada posisi tidur agar ban tersebut tidak menggelinding.

5. Pasang Ban Cadangan

net

Ambil ban cadangan dan pasang pada posisinya. Pastikan ban tersebut terpasang dengan benar. Sebagai tips mengganti ban mobil, Anda bisa memasukkan ban sambil sedikit menggoyang-goyangkannya. Cara ini akan memudahkan Anda memperoleh posisi yang tepat. Dengan cara ini, tenaga yang dikeluarkan untuk mengganti ban juga relatif tidak begitu besar.

Jika ban sudah terpasang pada posisi yang tepat, pasang baut dengan cara yang sama saat Anda mengendurkannya. Pasang baut satu per satu dengan cara bersebrangan. Tidak perlu mengencangkannya kuat-kuat. Cukup pasang hingga baut terasa mantap dan cukup keras.

6. Turunkan Dongkrak dan Kencangkan Baut

net

Ban kini telah terpasang dan baut juga sudah berada di posisinya semula. Selanjutnya, Anda bisa mulai menurunkan dongkrak. Pastikan menurunkan dongkrak secara perlahan dan hati-hati. Jika ban sudah sampai ke tanah, lepas dongkrak dan kencangkan baut satu demi satu. Kencangkan dengan menggunakan teknik yang sama seperti sebelumnya yakni dengan pola bersilang. Pada saat ini, pastikan semua baut terpasang dengan kencang. Jika perlu, Anda bisa menggunakan kaki untuk lebih meyakinkan.

Saat mengencangkan baut, pastikan kunci roda sudah terpasang dengan baik. Memutar kunci roda yang tidak terpasang dengan sempurna justru bisa merusak baut itu sendiri.

7. Kembalikan Peralatan ke Tempat Semula

Setelah ban cadangan terpasang dengan sempurna, jangan lupa untuk mengembalikan semua peralatan ke tempatnya semula. Jangan sampai ada peralatan yang tercecer. Saat ada kesempatan, perbaiki ban mobil yang bocor tadi agar bisa digunakan kembali. Sangat penting untuk selalu memiliki ban cadangan agar Anda selalu siap jika ban mobil Anda kembali bocor. Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.