Banner sumsel

Bibit: Korupsi Kejahatan Luar Biasa

MUSIRAWAS,koranindonesia.Id-Suwito resmi dilantik menjadi Ketua Dewan Pengurus Daerah Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (DPD-GMPK) Kabupaten Musi Rawas (Mura). Pelantikan dilakukan Ketua umum GMPK RI, Irjen Pol (Purn) H. DR. Bibit Samad Rianto.

Kemudian acara dilanjutkan dengan seminar bertajuk Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengelolaan Keuangan Dana Desa (DD).

Ketua Umum GMPK RI, Irjen Pol (Purn) H. DR. Bibit Samad Rianto dalam sambutannya mengatakan korupsi adalah kejahatan luar biasa (extra ordinary crime). Karena telah merugikan perekonomian bangsa.

“Persepsi inilah yang seharusnya kita sosialisasikan kepada segenap warga bangsa. Agar sependapat bahwa korupsi adalah kejahatan,” kata  Bibit Samad Rianto.

Menurutnya, wabah korupsi sudah menggurita di negeri ini sudah sejak lama. Sehingga menjadi penyakit kronis yang diderita bangsa ini.

Disamping itu ada enam dikatakan tindak pidana yang dikategorikan korupsi dalam UU no 31 /1999 dan UU no 20/2001, yaitu pemerasan dalam jabatan, penggelapan dalam jabatan, suap menyuap atau memberi dan menerima janji, konflik kepentingan dalam pengadaan, perbuatan curang dalam pengadaan serta gratifikasi.

“Diharapkan kepada ketua GMPK yang baru dilantik ini dapat mengambil bagian dalam memantau pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mura dengan mengajak segenap masyarakat berperan serta membangun menuju Indonesia tanpa korupsi,”harapnya.

Ketua GMPK Mura, Suwito mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan untuk menjalankan tugas sebagai ketua DPD-GMPK  di Kabupaten Mura. Tentu dalam menjalankan tugas ini butuh nasehat dan bimbingan dari banyak pihak.

Namun, GMPK sifatnya melakukan pengawalan terhadap DD, apabila ada ditemukan Kades melakulan pungli dan terbukti maka akan diproses sesuai hukumnya.

“Kita  bersama-sama memantau dan melakukan agar tidak terjadi tindak pidana korupsi. Atas nama GMPK, kami siap melaksanakan tugas sesuai dengan landasan hukumnya,” kata Suwito Selasa (23/10/2018).

Menurutnya, GMPK terus memberi pemahaman hukum apa yang seharusnya tidak dilakukan dalam menjalankan pemerintahan. GMPK setidaknya dapat melakukan pendampingan yang tentunya berguna untuk para Kades dalam menjalankan roda pemerintahan terutama dari sisi anggaran.

Bupati Musi Rawas (Mura) H Hendra Gunawan diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, David Pulung didampingi Kepala Dinas PMD Mefta Joni mengucapkan selamat kepada ketua GMPK yang baru saja dilantik dan selamat bertugas.

Kemudian,  tujuan dari DD ini yang diberikan oleh Pemerintah untuk mengurangi kemiskinan di desa. Agar terwujudnya Mura Sempurna.

“Kita sangat mendukung sekali dengan adanya GMPK ini, tentunya untuk bersama-sama perangi korupsi,” tuturnya. (San)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.