Banner sumsel

Beware! Peralatan Dapur yang Banyak Mengandung Bakteri

PALEMBANG, koranindonesia – Mom taukah anda, bawah kesehatan berawal dari dapur anda karena sejumlah barang dan alat masak yang sehari-hari sering digunakan  bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri. Dapur juga kadang dipakai keluarga sebagai tempat berbincang santai sambil menunggu makanan siap. Berikut ini peralatan dapur yang biasanya menjadi tempat bakteri tinggal dilansir dari laman grid.id :

  1. Talenan, Talenan merupakan peralatan yang digunakan untuk memotong sayuran, buah, ikan bahkan daging. Selesai digunakan, peralatan dapur ini memang seharusnya dibersihkan. Namun terkadang masih terdapat sisa bahan makanan yang menyebabkan bakteri berkembang biak. Apalagi jika kamu menggunakan talenan dari kayu yang jika tidak dibersihkan dengan baik, akan berjamur. Untuk mencuci talenan hingga bersih, sebaiknya kamu menggunakan campuran air panas dan cuka.Lalu digosok dengan lembut. Setelah itu keringkan dengan menggunakan tisu agar tidak lembab.
  2. Pembuka Kaleng, peralatan dapur ini biasa digunakan untuk membuka kaleng susu atau kornet. Alat ini menjadi peralatan dapur yang jarang bahkan tidak pernah dibersihkan. Padalah sisa makanan atau minuman yang ada pada pembuka kaleng bisa menyebabkan bakteri salmonella dan e.coli berkembang biak. Untuk membersihkannya kamu hanya perlu merendamnya dengan air panas, lalu menggosok sela-selanya menggunakan sikat kecil.
  3. Teko, Walaupun senantiasa tertutup, teko juga harus rutin dibersihkan. Karena peralatan dapur merupakan tempat lembab yang menjadi tempat favorit jamur untuk berkembang biak. Agar bersih dari jamur dan bakteri, kamu bisa membersihkan teko denga menggunakan air panas dan cuka selama 30 menit. Lalu cuci teko seperti biasa.
  4. Serbet, Serbet yang biasa digunakan untuk mengeringkan peralatan dapur ternyata sarang bakteri. Selain itu, serbet juga bisa menjadi bau karena sisa makanan dan jamur yang menempel. Sebaiknya, kamu ganti serbet untuk dapur secara rutin dan cuci juga serbet yang  kotor sampai bersih.
  5. Spons pencuci piring, Spons pencuci piring juga menjadi sarang jamur dan bakteri. Apalagi spons ini mudah menyerap air, lembab dan berongga. Sebaiknya kamu memang secara rutin mengganti spons, terutama yang sudah kotor. Semoga bermanfaat (nnn)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.