Banner sumsel

Besok Tim Kesehatan Sumsel Bertolak ke Sulteng

PALEMBANG, koranindonesia.Id –Sesuai dengan instruksi Menteri Kesehatan (Menkes) RI kepada seluruh tim kesehatan untuk berpartisipasi dalam menolong korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Tak terkecuali 12 tim kesehatan dari Sumatera Selatan (Sumsel) secara bertahap akan diberangkatkan mulai Rabu besok (3/10/2018).

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) dr M Syahril SpP MPH. Menurutnya selain memberangkatkan tim kesehatan, pihaknya juga mengirim obat-obatan.

“Tim ini gabungan dari RS Mohammad Hoesin, Fakultas Kedokteran Unsri, IDI Sumsel, IDI Palembang, RS Arivai Abdullah dan ikatan alumni Unsri yang akan membantu para korban, guna meringankan beban penderitaan para korban khususnya masalah kesehatan,” katanya, Selasa (2/10/2018).

Ia mengatakan, seluruh tim sudah berkoordinasi dan akan berangkat secara bertahap, 12 tim kesehatan tersebut terdiri dari dokter bedah seperti bedah syaraf, ortopedi dan digestif, spesialis obgin, apoteker dan perawat kamar bedah dan anastesi. Tim kesehatan yang berangkat ini sudah sesuai kebutuhan disana.

“Rencananya tim pertama ini berangkat Rabu (3/10) subuh. Mereka akan transit di Makassar yang diatur oleh Menteri Kesehatan dan TNI Angkatan Darat,” katanya.

Keberadaan tim pertama ini sekitar 7-10 hari dan akan dilanjutkan oleh tim selanjutnya. Tidak menutup kemungkinan kedepan akan banyak rumah sakit dan tim kesehatan yang berpatisipasi membantu korban bencana ini.

Menurut Syahril, para korban tidak hanya membutuhkan obat-obatan, melainkan bantuan logistik yang bisa membawa obat-obatan dan alat operasi yang dibutuhkan disana. Karena itu, mereka berencana untuk melakukan audiensi dengan Gubernur Sumsel.

“Bagi yang ingin mendonasi dan memberikan bantuan bisa mendatangi posko di unit IGD RSMH dan transfer ke rekening Bank Mandiri 112-00-1396530-1,” ujarnya. (Iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.