Banner sumsel

Bermodalkan Rp500 ribu, Asmuni Jadi Polisi Gadungan

PALEMBANG, koranindonesia. Id – Hanya bermodal uang Rp500 ribu, Asmuni (37) nekat menjadi polisi gadungan berpangkat Ipda. Tak ayal, ulahnya itu mengantarkan dia menginap di sel tahanan.

Asmuni ditangkap Unit Pidana Umum (Pidum) Satreskrim Polresta Palembang di kediamannya di Rumah Susun (Rusun) Blok 50, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan IB I Palembang, Kamis (26/4/2018) dini hari.

“Saya membeli bajunya di Pasar Cinde seharga Rp500 ribu. Memang cita-cita saya sejak kecil mau menjadi polisi tetapi tidak sampai,” kata Asmuni saat gelar perkara dan barang bukti di Polresta Palembang.

Selain menjadi polisi gadungan, Asmuni terlibat kasus penggelapan mobil di dealer Audi Mobilindo yang berada di Jalan Pangeran Ratu Prawira, Kecamatan IB I Palembang, beberapa waktu yang lalu.

“Malu Pak, seorang polisi pangkat Ipda tapi tidak pakai mobil. Saya datang kesana, pura-pura beli mobil. Setelah deal, saya ajak pemilik showroom makan. Ketika itulah, saya bawa kabur mobilnya,” tutur Asmuni.

Masih dikatakannya, ia menjadi polisi gadungan sejak 2006 silam. Bahkan, saat bepergian selalu mengenakan seragam polisi, agar orang dan pacarnya percaya bahwa dia adalah seorang anggota polisi.

“Jadi, saat ke rumah pacar pakai baju polisi. Dia taunya saya polisi. Dia perawat Pak, kalau saya tidak mengaku seperti ini, mana mau dianya. Saya sering bilang, kalau sekarang masih pendidikan di Magelang,” katanya.

Sementara itu, Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono mengatakan, tersangka ditangkap berawal adanya laporan korban Mutaqin atas kasus penggelapan mobil.

“Kita selidiki dan mengamankan tersangka di kediamannya. Kita juga menyita barang bukti, satu unit mobil, kunci kontak dan satu BPKB,” katanya didampingi Kasat Reskrim Kompol Yon Edi Winara.

Dari pengakuan tersangka, mobil yang digelapkannya tidak dijual, melainkan dipakai sendiri agar tampak gagah di depan orang dan pacarnya. “Kita kenakan Pasal 378 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara,” pungkasnya. (Yyn).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.