Banner sumsel

Berkas 5 Komisioner KPU Dikirim ke Pengadilan, Tinggal Tunggu Jadwal Sidang

PALEMBANG, koranindonesia.id – Tim Jaksa Gakkumdu Kejaksaan Negeri Palembang melimpahkan berkas perkara lima Komisioner KPU ke Pengadilan Negeri Palembang, Rabu (3/7/2019).

Tim Jaksa Gakkumdu Kejari Palembang Ursula Dewi mengatakan saat ini pihaknya menunggu pengadilan menetapkan jadwal dan majelis hakim yang akan menyidangkan kasus dugaan pelanggaran pemilu tersebut.

“Hari ini kita dari tim jaksa melimpahkan berkas dugaan pelanggaran pemilu ke pengadilan. Untuk itu saat ini kita menunggu penetapan persidangan dari pengadilan,” ujarnya..

Sementara itu Humas Pengadilan Negeri Palembang Hotnar Simarmata membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima pelimpahan berkas dari kejaksaan.

“Sudah kita terima dan berkas akan diregistrasi bagian pidana lalu naikan ke Ketua PN untuk penunjukan majelis hakim. Karena hakim harus ada SK khusus tentang perkara Pemilu,” katanya.

Namun dirinya memastikan, persidangan nantinya akan dibuka untuk umum dan teknis persidangan harus betul-betul diatur karena ini perkara khusus yang tentunya juga punya batas waktu tertentu.

Seperti diketahui, kelima tersangka dalam kasus ini yaitu EF, YT, AB, AI dan SA. Kelimanya menjadi tersangka setelah penyidik menerima laporan Bawaslu Palembang karena KPU dianggap tidak menjalankan rekomendasi secara penuh terkait Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) saat Pemilu 2019 lalu.

Atas perbuatan tersebut para tersangka dijerat Pasal 510 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pemilu dengan ancaman hukuman maksimal 2 tahun penjara. (sup)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.