Banner sumsel

Berkah Tahun Politik, Miniatur Action Figure Capres Dijual Hingga Rp1 Juta

SOLO,koranindonesia.id – Kontestasi politik saat ini, ternyata menghadirkan berkah tersendiri bagi Agus Wiryawan. Pria yang tinggal di Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan ini membuat miniatur action figure kedua capres baik Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto.

“Saya sengaja membuat miniatur Jokowi dan Prabowo dibuat lucu seperti ini. Apalagi saat ini suhu politik sedang panas-panasnya, kalau lihat ini bisa sedikit terhibur, paling tidak senyum sendiri,” kata Agus saat ditemui di kediamannya, Selasa (5/3/2019).

Awal mula pembuatan miniatur action figure tersebut, Agus adalah dengan membuat cetakan yang menyerupai kedua Capres tersebut. Setelah itu, dituangkan bahan pembuat berupa fiber glass atau resin. Setelah jadi, resin tersebut diangkat dan diberikan warna dengan menggunakan cat acrilic.

“Proses pembuatan awal kita buat masternya dulu. lalu buat cetakannya dari fiber glass. Setelah tercetak rapi baru saya finishing. Saya warnai pakai cat acrilik,” jelas Agus.

Proses pembuatan miniatur ini, dilakukan secara manual. Tak butuh waktu lama, dalam seminggu Agus mampu menyelesaikan puluhan miniatur action figur dengan berbagai bentuk. Untuk tiap action figur yang dibuatnya, Agus mematok harga Rp350.000 ukuran 15 sentimeter.  Sementara ukuran 20 sentimeter harganya Rp1 juta.

“Saya memasarkannya melalui online. Lumayan banyak juga yang pesan untuk saat ini,” kata Agus.

Selain dua karakter Capres tersebut, Agus juga mengaku pernah membuat miniatur tokoh lain. Diantaranya, Presiden BJ Habibie, Soekarno, Maestro Keroncong, Gesang hingga Wali Kota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo. Selain itu, dia juga melayani pesanan action figure untuk calon legislatif (caleg) atau masyarakat biasa.

“Untuk Caleg, biasanya agak mahal. Karena, harus membuat cetakannya terlebih dahulu,” ungkapnya.

Disinggung peminat action figure buatannya, Agus mengaku terbanyak berasal dari Sukoharjo, Karanganyar, Klaten, Boyolali, Sragen, Solo, Wonogiri, Bandung, Jakarta, Jawa Timur, Medan, Semarang, dan lainnya

“Rata-rata yang pesan para pendukung atau simpatisan yang bertarung di Pilpres 17 April mendatang,” katanya.

(ali)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.