Banner Pemprov Agustus

Berikut  Makanan Penurun Kolesterol Usai Santap Daging dan Santan

JAKARTA, koranindonesia.id – Menyantap hidangan yang digoreng seperti fried chicken, gorengan, nugget, dan sebagainya memang nikmat. Ditambah hidangan daging tongseng kambing, rendang sapi, dan makanan bersantan seperti opor yang menjadi favorit masyarakat Indonesia saat Idul Adha tiba.

Tapi, sadarkah kalau makanan tersebut mengandung kadar kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan jantungmu? Adakah makanan penurun kolesterol jika sudah terlanjur mengidap kolesterol tinggi?

Tentu saja ada. Makanan penurun kolesterol akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh seseorang dengan syarat orang tersebut mengurangi konsumsi hidangan yang berkolesterol tinggi seperti daging kambing.

Berikut penelusuran dari berbagai sumber sejumlah makanan penurun kolesterol yang terbukti ampuh dan efektif menurunkan kadar kolesterol seseorang ala koranindonesia.id

1. Oatmeal
Oatmeal merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang bisa Anda olah jadi kudapan manis atau asin. Oatmeal pun bisa Anda jadikan menu sarapan sehat. Konsumsi oatmeal mampu memberikan tubuh asupan serat yang bakal mengikat kolesterol pada pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh.

Mengutip dari laman Harvard Health Publishing, dalam semangkuk oatmeal, Anda bisa memperoleh asupan 1-2 gram serat. Tambahkan potongan buah untuk asupan ekstra serat seperti pisang, stroberi atau blueberry.

2. Alpukat
Sebagai buah favorit para milenial, alpukat adalah makanan penurun kolesterol yang kaya nutrisi dan lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Melansir dari Pfimegalife.co.id, Riset menunjukkan bahwa penambahan 1 buah alpukat setiap harinya bisa membantu kesehatan jantung, terutama dalam meningkatkan kadar LDL pada kasus penderita obesitas.

Alpukat bisa dikonsumsi mentah, dikombinasikan dengan ketimun, atau ditambahkan dalam salad sayuran. Pola makan yang sehat seperti ini sangat dianjurkan daripada mengonsumsi alpukat dengan keripik, gula ataupun roti putih.

3. Ikan Kembung dan Salmon
Hindari makan banyak hidangan daging kalau kolesterol tak mau melonjak tajam. Gantinya, pilih makan ikan dengan kandungan lemak sehat seperti mackerel (kembung) dan salmon.

Dua ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang bersifat sehatkan jantung. Omega 3 membuat kadar kolesterol baik meningkat sekaligus menurunkan risiko inflamasi dan stroke.

Olah ikan kembung dan salmon dengan cara dikukus, panggang, atau dibuat sup. Jangan menggorengnya karena bisa membuatnya kurang menyehatkan. Rutin makan ikan ini sudah terbukti bisa menyehatkan jantung karena kandungan sejumlah peptida dalam protein ikan tersebut.

4. Buah – buahan
Jenis makanan yang keempat adalah buah-buahan dan berry. Buah adalah tambahan yang bagus untuk mendukung jantung yang sehat. Banyak jenis buah yang kaya akan serat larut, yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Salah satu jenis serat larut disebut dengan pectin, yang dapat menurunkan kolesterol hingga 10%. Senyawa ini dapat ditemukan dalam buah-buahan seperti apel, anggur, jeruk, dan stroberi. Buah juga mengandung senyawa bioaktif yang membantu untuk mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya karena kandungan antioksidan dan efek anti-inflamasi yang dimilikinya.
Mengonsumsi buah seperti anggur, yang merupakan sumber yang kaya akan senyawa ini, dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL.

5. Kacang – kacangan
Kacang juga merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang kaya serat larut dalam air. Jenis kacang-kacangan juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Ini artinya Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan mengemil. Karena itu, kacang-kacangan sering jadi makanan penurun kolesterol sekaligus berat badan yang efektif.

Kacang-kacangan juga membantu menurunkan kolesterol karena kandungan fitosterol di dalamnya mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.
Banyak tersedia variasi kacang yang bisa dicoba dalam menu Anda sehari-hari, seperti lentil, almond, walnut, kacang merah, kacang hitam, dan kacang polong. (fch)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.