Banner sumsel

Belum Satu Abad Merdeka, Palembang Sudah Kehilangan 221 Anak Sungai

PALEMBANG, koranindonesia.id-Seiring perkembangan zaman dan maraknya pembangunan, Kota Palembang harus menerima kenyataan 221 anak sungai sudah hilang. Meski demikian, Pemerintah Kota Palembang mengklaim program gotong royong untuk mempertahankan eksistensi sungai yang masih tersisa.

Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan,berdasarkan data dari Kementerian PUPR, Palembang banyak kehilangan sungai. Hal ini patut menjadi perhatian semua pihak untuk memunculkan kesadaran betapa negeri ini sudah mengabaikan air sebagai sumber kehidupan manusia.

“Menurut catatan sejarah, di zaman kolonial Belanda ada 316 anak sungai di Palembang, tapi kini yang tersisa hanya 95 anak sungai. lni belum satu abad kita merdeka,” katanya.

Harnojoyo mengatakan, kondisi ini karena masifnya aktifitas manusia yang tidak menghormati pentingnya air. Diantaranya adanya penimbunan dan pembuangan sampah ke sungai. Sedangkan pada zaman Kolonial Belanda hanya terjadi satu kali penimbunan sungai yakni Sungai Kapuran pada 1753 untuk diubah menjadi jalan, yang kini menjadi Jalan Merdeka Palembang.

Salah satu program yang konsisten dilaksanakan hingga kini yakni gotong royong setiap hari Minggu membersihkan anak sungai, bahkan aturan ini sudah menjadi peraturan wali kota (Perwako) yang mana setiap kecamatan dan kelurahan Kota Palembang wajib melaksanakannya.

“Upaya ini merupakan cara efektif untuk mengubah perilaku masyarakat dalam memperlakukan sungai. Selama ini sungai dijadikan tempat sampah,” jelasnya.

Saat ini, pemkot sedang mengajukan rencana pembangunan embung di atas lahan 100 hektare di kawasan Keramasan, Gandus yang nantinya dijadikan tempat cadangan air baku PDAM Tirta Musi. Menurut Harnojoyo sangat penting pembangunan infrastruktur terkait penyediaan dan pengelolaan air.

“Kita sangat butuh embung ini, siapa yang bisa menjamin air Sungai Musi akan bisa dipakai terus. Suatu saat bisa jadi akan devisit seperti yang sempat terjadi di Sungai Mahakam.” katanya. (Iya)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.