Banner sumsel

Beginilah Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Dengan Benar

PALEMBANG, koranindonesia.id — Ketika Anda sedang mencari pekerjaan, tentu saja yang perlu buat  surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja yaitu surat yang menyatakan permohonan untuk bekerja pada suatu lembaga. Surat lamaran kerja bisa dibuat karena adanya informasi lowongan pekerjaan. Informasi tersebut bisa didapat dari iklan, permohonan instansi pada sekolah-sekolah, informasi dari orang lain ataupun pengumuman resmi langsung dari perusahaan. Sehingga, sebelum anda memutuskan untuk membuat surat lamaran kerja, ada baiknya kamu pelajari terlebih dulu tips membuat lamaran kerja yang akan kita bahas di bawah ini. seperti dilansir dari laman magazine.job-like.com

Jangan Menulis Ulang yang Ada di CV,  dalam menulis surat lamaran kerja, menjelaskan apa yang dicapai adalah suatu hal yang penting. Namun meskipun hal tersebut penting, jangan sekali-kali menulis ulang atau membuat isinya sama dengan CV. Hal tersebut membuat pihak HRD merasa bosan saat membaca CV Anda. Jadi, coba rangkum pencapaian dengan penjelasan singkat namun dengan bahasa yang menarik agar HRD tidak merasa bosan saat membaca surat lamaran kerja dan juga CV Anda.

Bicarakan Perusahaan, sebelum menulis surat lamaran pekerjaan sebaiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa pengetahuan yang menyinggung perusahaan. Jika Anda mengetahui beberapa hal yang ada hubungannya dengan perusahaan, maka pihak perusahaan akan senang. Cobalah buat pihak perusahaan menjadi terkesan dengan Anda agar perusahaan melirik Anda sebagai pegawai barunya. Hal ini tentu membuat peluang Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut semakin besar.

Tanda Tangani Surat Lamaran Kerja, setelah mengisi surat lamaran kerja dengan benar pastikan bahwa Anda sudah menandatangani surat lamaran kerja tersebut. Meskipun terlihat sepele tanda tangan adalah hal yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah surat lamaran pekerjaan. Adanya tanda tangan akan menunjukkan bahwa surat Anda asli dan tidak diragukan lagi.

Cek Terlebih Dahulu Surat Sebelum Dikirimkan, meskipun sebenarnya isi dalam surat lamaran kerja Anda sangat menarik, tetapi jika surat lamaran kerja Anda tidak rapi, kotor, penuh dengan typo atau salah dalam pengetikan, maka nilai yang didapatkan surat lamaran kerja Anda tidak akan maksimal. Nilai yang tidak maksimal akan membuat Anda tidak mendapatkan peluang besar untuk diterima di perusahaan tersebut. Oleh sebab itu pastikan terlebih dahulu bahwa penulisan pada surat lamaran kerja sudah benar dan rapi. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mengecek terlebih dahulu sebelum mengirimkannya.

Paragraf Pertama dan Terakhir, langkah selanjutnya adalah memperhatikan paragraf pertama dan terakhir pada surat lamaran kerja. Cobalah untuk memastikan bahwa paragraf awal tidak berbelit-belit, jelas, dan bersifat menjual. Sedangkan untuk paragraf akhir usahakan untuk bersifat menegaskan bahwa Anda berharap bisa lolos ke tahap selanjutnya.  Kedua hal tersebut ternyata berpengaruh dalam penentuan diterima atau tidaknya oleh perusahaan.

Jangan lupa untuk memastikan kerapian dan kebersihan dari surat lamaran pekerjaan yang kamu buat, ya. Pastikan juga pemilihan kosa kata yang kamu tulis sudah baik dan benar juga tidak ada unsur yang menyinggung siapapun. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua khususnya untuk kamu yang akan membuat surat lamaran pekerjaan. semoga bermanfaat (nnn)

2 Komen
  1. Dedi Rustandi berkata

    Kalau bisa dengan Formatnya/atau Contoh Tulisannya min…Thx.

    1. Redaksi Koranindonesia berkata

      oke

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.