Bhintan Shalawat

Tips Merawat Jas Hujan agar Awet

PALEMBANG, Koranindonesia.id —  Jas hujan salah satu hal yang wajib ada pada sepeda motor dengan menggunakan jas hujan dapat melindungi anda dari guyuran air hujan dan anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan motor meski dalam cuaca hujan.

Jas hujan biasanya dibuat dengan dua bahan utama, yaitu plastik dan karet. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Jas hujan plastik, beratnya lebih ringan dan mudah disimpan di bagasi jok motor. Sedangkan jas hujan karet bisa melindungi pengendara dari air hujan, dengan lebih baik dan tidak mudah robek.

Namun karena seiring pemakaian maka jas hujan juga akan mengalami kerusakan atau sobek. Tapi jika kita merawat jas hujan dengan baik maka jas hujan akan lebih awet, terlepas dari kualitas bahannya. Nah disini ada beberapa cara merawat jas hujan yang bisa bikin jas hujan anda makin awet, dikutip dari laman moladin.com sebagai berikut:

Bersihkan jas hujan begitu tiba di tujuan

Sisa air hujan yang masih menempel bisa bikin jas hujan kalian kotor dan kusam. Soalnya, air yang menempel ini belum tentu bersih, sebagian udah tercampur debu maupun lumpur yang berasal dari cipratan ban belakang motor. Bersihkan jas hujan dengan cara dibilas air bersih, kemudian lap menggunakan kanebo.

Gunakan sabun untuk kotoran membandel

Bila terdapat kotoran yang susah hilang, gosok menggunakan sabun cuci piring atau deterjen. Caranya cukup dengan sabun yang dicampur sedikit air, lalu gosok dengan jari atau sikat gigi yang gak kepake pada bagian yang kotor tadi. Oiya, jangan menggosok terlalu keras ya guys, karena bisa merusak lapisan jas hujan kalian.

Apabila jas hujan kalian kotor karena jamur, cukup rendam jas hujan di air hangat yang sudah dikasih perasan jeruk lemon atau sitrun. Sifat asam dari lemon bisa merontokkan jamur yang “bersemayam” di jas hujan kalian. Dan cara ini aman untuk jas hujan berbahan plastik maupun Nylon.

Lap Menggunakan Kain Kering

Setelah dicuci bersih, keringkan jas hujan menggunakan lap yang mudah menyerap air atau kanebo biar praktis. Kemudian gantung jas hujan di tempat yang teduh. Jangan menjemur jas hujan kalian di bawah terik sinar matahari, karena bisa bikin jas hujan jadi getas.

Lipat dan Simpan di Tempat Kering

Sebaiknya hindari melipat jas hujan jika masih dalam keadaan basah, hal ini akan membuat jas hujan tersebut lengket dan susah untuk dibuka. Setelah jas hujan benar-benar kering, lipat jas hujan dengan mengikuti pola lipat dan sambungannya. Simpan kembali jas hujan di tempat yang kering. Bila akan disimpan di bawah jok, pastikan tidak ada noda air di dalam bagasi jok. Jangan sekali-kali melipat jas hujan yang masih basah, karena bisa membuatnya lengket dan susah untuk digunakan.

Apabila jas hujan Anda kotor karena jamur, coba anda lakukan ini pertama rendam jas hujan dengan air hangat yang sudah diberi perasan jeruk lemon. Sebab  jeruk bersifat asam yang bisa merontokkan jamur dan aman untuk bahan plastik maupun karet.  Selamat mencoba (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.