Beginilah Cara Mencegah Ruam Popok Pada Kulit Bayi

PALEMBANG, Koranindonesia.id — Bayi yang mengenakan popok terlalu ketat dapat mengembangkan ruam kemerahan yang dikenal dengan ruam popok. Hal ini dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan akan terus-terusan rewel. Atasi dengan pengobatan sederhana agar ruam popok tidak bertambah parah.

Ruam popol atau Diaper Rash merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan gejala yang muncul akibat reaksi peradangan yang terjadi pada kulit di daerah popok. Istilah ini tidak spesifik menunjukkan gejala peradangan yang timbul langsung akibat penggunaan popok, tetapi termasuk juga gejala peradangan yang dipicu oleh penggunaan popok dan gejala peradangan yang terjadi tanpa penggunaan popok.

Ruam popok tentu bisa dicegah dengan perawatan yang tepat. Selain menjaga kebersihan dan menggunakan produk perawatan yang aman, seperti di kutip dari laman zwitsal.co.id berikut untuk mencegah ruam popok sebagai berikut:

Bersihkan daerah popok dengan benar

Basuh organ genital dan bokong si kecil dari arah depan ke belakang, kemudian keringkan dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk.

Stop penggunaan bedak

Bedak yang menggumpal pada area bokong dan genital berisiko menjadi tempat berkembang jamur dan bakteri.

Pilih produk perawatan yang melembapkan

Kulit bokong yang kering akan lebih mudah teriritasi. Karena itu, pilih sabun dan baby cream dengan bahan alami dan teruji hypo-allergenic.

Biarkan bokong si kecil tanpa popok beberapa saat

Setelah membersihkan usai buang air besar, biarkan bokong si kecil tanpa popok beberapa saat agar dapat bernapas dan terhindar dari kelembapan.

Pilih popok elastis, berdaya serap tinggi, dan nyaman

Popok elastis dapat meminimalkan gesekan dengan kulit. Pastikan popok longgar agar kulit dapat bernapas dan tidak terkena langsung dengan kotoran

Selain cara-cara di atas, hindari juga penggunaan detergen yang mengandung wewangian ketika mencuci popok kain dan baju bayi. Gunakan air panas dan bilas dua kali sebelum menjemur. Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.