Begini Reaksi KPU Soal Dugaan Surat Suara di Malaysia Sudah Dicoblos

JAKARTA, koranindonesia.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bergerak cepat mengecek dugaan tercoblosnya surat suara pasangan calon (paslon) 01 Jokowi-Maruf Amin di Pokja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Malaysia.

Komisioner KPU Ilham Saputra menyebutkan, pihaknya saat ini sedang melakukan komunikasi dengan Pokja PPLN Malaysia. “Kita sedang cek kebenarannya dan kejadian persisnya kepada Pokja PPLN,” kata Ilham kepada wartawan, Kamis (11/4/2019).

Sebelumnya, Bawaslu meminta pelaksanaan Pemilu 2019 di Malaysia dihentikan, usai beredarnya video di media sosial, terkait penemuan surat suara tercoblos untuk paslon 01 Jokowi-Ma’ruf. Surat suara Capres – Cawapres dan Calon Legislatif DPR RI Pemilu 2019 yang sebagian diduga sudah dicoblos ditemukan di sebuah bangunan kosong di Bandar Baru, Bangi, Selangor, Malaysia, Kamis (11/4).

Berdasarkan video yang beredar surat suara tersebut ada dalam sebuah tumpukan tas berwarna hitam dan sebagian sudah tercecer. Menurut relawan pemantau Pemilu di Malaysia, Brem N Nulangi, seperti dikutip dari pemberitaan media, pihaknya menemukan sekitar 95 kantong surat suara tersebut berdasarkan laporan masyarakat. Terkait peristiwa penemuan surat suara tersebut pihak Polisi Diraja Malaysia (PDRM) sudah menerima laporan dan mengunjungi lokasi tersebut. Ketua Panwaslu Malaysia, Yaza Azzahara dan anggotanya Rizki Israeni Nur juga telah mendatangi lokasi kejadian.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur Agung Cahaya Sumirat mengatakan, pihaknya masih akan melakukan pengecekan terkait beredarnya informasi tersebut. Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya menerima informasi sekitar pukul 12.00 waktu setempat, dan langsung mendatangi lokasi surat suara yang tercoblos.

(mar)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.