Banner sumsel

Begini Cara Mudah Mengukur Jari Untuk Memakai Cincin Dengan Pas 

PALEMBANG, koranindonesia.id – Cincin salah satu aksesoris untuk menujang penampilan anda dan juga sebagai simbol dalam pernikahan, cincin yang melingkar memberikan simbol hubungan yang abdai. Ketika anda akan membeli cincin baik itu emas atau perak, sebaiknya anda terlebih dahulu mengukur jari anda agar cincinnya pas untuk dipakai. Namun, ada beberapa orang masih bingung tentang bagaimana cara mengukur ukuran cincin yang tepat. Berikut ini 10 cara mengukur jari untuk cincin yang dilansir dari laman bacaterus.com:

Pertama Siapkan Jari Anda, pilihlah jari mana yang mau dipasangi cincin, karena setiap jari memiliki diameter yang berbeda-beda. Dan, pastikan juga jarinya mau yang di tangan kanan atau tangan kiri, karena kalaupun sama-sama jari manis, diameternya bisa berbeda tiap tangan. Biasanya jari-jari di tangan dominan (kanan jika normal dan kiri jika kidal) akan lebih besar daripada jari yang ada di tangan non-dominan. Satu lagi yang harus anda perhatikan adalah, pastikan ukuran jari anda sedang normal ketika anda mengukurnya. Ketika cuaca dingin, jari-jari tangan bisa mengkerut sedikit. Sedangkan kalau cuaca panas, atau ketika anda terlalu lama diam di air, sedang sakit, alergi makanan, atau mengonsumsi obat tertentu bisa saja menyebabkan jari jadi lebih bengkak dari biasanya. Jadi, sebelum anda mengukur jari atau cincin, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kondisi jari anda sedang dalam keadaan normal, ya. Kalau bisa, mengukurnya pada pagi hari sebelum anda bekerja menggunakan tangan anda juga.

Kedua Pakai Pita, cara yang mudah mengukur jari untuk cincin yang pertama adalah dengan menggunakan pita. Siapkan pita yang diameternya ramping seperti contoh di atas. Lilitkan pita pada jari yang ingin dikenakan cincin. Setelah itu, beri patokan (garis) pada kedua pita yang bertemu (lihat Step 2). Jadikan patokan itu sebagai acuan ukuran diameter jari Anda. Lepaskan pita dan gunakan penggaris untuk mengukurnya.

Ketiga Pakai Kertas, kertas adalah cara paling simpel mengukur jari untuk cincin kita yang selanjutnya. Mirip seperti cara menggunakan pita di atas, siapkanlah kertas yang agak panjang tapi tidak perlu terlalu lebar. Lilitkan kertas pada jari yang mau diukur. Jangan lilit terlalu kencang maupun terlalu longgar, tapi usahakan untuk mencari ukuran yang pas dan nyaman. Setelah menemukannya, beri tanda di mana kedua sisi kertas bertemu. Lepaskan kertas, bentangkan di tempat yang datar, lalu ukur menggunakan penggaris. Mudah sekali, bukan?

Keempat Ring Sizer Paper, kalau anda niat dan punya sedikit waktu lebih, coba buat penggaris kertas, yuk. Fungsinya adalah untuk mengukur diameter jari secara langsung dan lebih akurat. Di atas adalah contoh penggaris kertasnya. Anda bisa mencari Ring Sizer Paper di kolom pencarian Google jika Anda malas membuatnya sendiri, hehe!

Kelima Tali, cobain cara mudah mengukur jari untuk cincin yang ke-5 ini, yuk. Anda punya tali yang sangat tipis? Manfaatkan lah untuk mengukur diameter jari Anda. Caranya sama seperti di atas, tapi kali ini talinya perlu Anda gunting. Setelah digunting, sejajarkan tali dengan chart ukuran cincin, lalu lihatlah Anda ada di Size berapa. Anda bisa men-download size chart ini di internet. Walaupun begitu, sistem size chart di Indonesia bisa berbeda, apalagi jika Anda memesan cincin di toko lokal, jadi cara ini tidak terlalu direkomendasikan.

Keenam Finger Sizing Tool, seperti cara nomor 4, mengukur jari untuk cincin kali ini menggunakan alat bantu yang bisa anda download template-nya dari internet juga. Carilah Finger Sizing Tool di kolom pencarian Google. Nanti akan ada garis-garis dan ada bagian kertas yang lebih besarnya. Nanti jangan lupa beri lubang pada kertas yang lebih besar untuk memasukkan size chart-nya, ya.

Ketujuh Ring Size Chart, jika di toko yang anda datangi ada tabel ukuran cincin, gunakanlah cicin anda sebelumnya yang ukurannya pas untuk jadi tolak ukur. Taruh dan paskan cincin anda di atas tabel tersebut, lalu lihat ukuran diameter jari anda berapa.

Kedelapan Finger Sizer, tidak semua toko perhiasan memiliki alat pengukur diameter jari seperti ini. Tapi, jika ada, Anda bisa menggunakan alat ini untuk ukuran diameter cincin yang lebih akurat.

Kesembilan Langsung Ukur Cincin, letakkan penggaris di tempat yang datar. Simpan cincin anda di atas penggaris, lalu lihatlah diameter cincin anda berapa milimeter. Cara ini cukup akurat juga untuk dilakukan jika anda tidak mau repot.

Kesepuluh Pakai Meteran Kain, cara terakhir dalam mengukur jari untuk cincin yang terakhir adalah dengan menggunakan meteran kain. Kalau di rumah anda ada yang bisa menjahit, pasti punya benda ini, deh. Alat ini bisa juga dipakai untuk membantu anda mengetahui ukuran diameter jari sebelum anda membeli cincin. Selamat mencoba (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.