Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Begini Cara Mendapat Pelonggaran Pembayaran Kredit Terpapar Corona

JAKARTA, koranindonesia.id — Pemerintah berusaha memberikan stimulus perekonomian, di antaranya berupa restrukturisasi atau relaksasi kredit di tengah pandemi virus corona. Aturan ini tertuang dalam POJK No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019. Stimulus ini utamanya untuk rakyat kecil yang terdampak pandemi virus corona.

Bagaimana cara dan syaratnya supaya bisa mendapatkan relaksasi kredit ini?

a. Debitur wajib mengajukan permohonan restrukturisasi melengkapi dengan data yang diminta oleh bank/leasing yang dapat disampaikan secara online (email/website yang ditetapkan oleh bank/leasing) tanpa harus datang bertatap muka.

b. Bank/Leasing akan melakukan assesment antara lain terhadap apakah debitur termasuk yang terdampak langsung atau tidak langsung, historis pembayaran pokok/bunga, kejelasan penguasaan kendaraan (terutama untuk leasing)

c. Bank/Leasing memberikan restrukturisasi berdasarkan profil debitur untuk menentukan pola restrukturisasi atau perpanjangan waktu, jumlah yang dapat direstrukturisasi termasuk jika masih ada kemampuan pembayaran cicilan yang nilainya melalui penilaian dan/atau diskusi antara debitur dengan bank/leasing. Kontan melansir, hal tentu memperhatikan pendapatan debitur yang terdampak akibat covid-19. Informasi persetujuan restrukturisasi dari bank/leasing disampaikan secara online
atau via website bank/leasing yang terkait. (Ofi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.