Muba ramadhan
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Pemkab Muba Terima Kunker Pemkab Rejang Lebong

Tata Kelola Keuangan

 

SEKAYU,koranindonesia.id—- Tercatat menjadi Kabupaten tercepat di Indonesia dalam penyerahan laporan keuangan empat tahun berturut-turut, hingga raih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-8 kalinya. Membuat Kabupaten Musi Banyuasin menjadi pilihan bagi Kabupaten lain untuk belajar dan saling bertukar informasi terkait pengelolaan data keuangan.

Kali ini Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong
dalam rangka kaji banding
tentang pelaksanaan bantuan keuangan kepada Desa dan Kelurahan di Kabupaten Musi Banyuasin.

Kunjungan Kerja ini di sambut oleh Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi yang didampingi oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba Sunaryo SSTP MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muba H Richard Cahyadi AP MSi, Inspektur Muba Drs H RE Aidil Fitri dan OPD terkait, Kamis (18/3/2021) bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekate.

Pada kesempatan ini Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi mengatakan, selamat datang di Kabupaten Muba dan terima kasih telah memilih Kabupaten Muba untuk menjadi tempat pembelajaran dan sharing informasi.

“Kunjungan ini merupakan suatu penghormatan juga bagi kami. Semoga kita sama-sama mendapatkan hasil serta manfaat yang baik dari pertemuan silahturahmi dan kunjungan kerja ini,”ucapnya.

Adapun tugas pokok dan fungsi sebagai pimpinan di suatu daerah ialah dengan memberikan layanan kepada masyarakat terutama masyarakat yang berada pada garis kemiskinan, dibantu agar semuanya sejahtera. Hal ini juga dilakukan dengan cara kerjasama dan saling mendukung.

“harapan kita semua tentunya moment yang luar biasa ini dapat memberi manfaat serta memacu kita semua untuk terus melangkah lebih maju dan meningkatkan pembangunan di masing-masing tempat. Dengan bekerjasama terkait pertukaran informasi, regulasi, dan tentang peraturan daerah yang menyangkut dana desa,”bebernya.

Kepala Dinas PMD Muba H Richard Cahyadi AP MSi memaparkan, Pemkab Muba melalui Dinas PMD telah memiliki implementasi aplikasi online di seluruh desa di Kabupaten Musi Banyuasin yang dapat membantu dalam pengelolaan pelaksanaan bantuan keuangan kepada Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Beberapa Aplikasi yang saat ini kami operasikan untuk Percepatan Pembangunan dan mempermudah Akses Desa adalah, Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online, Si Mantap dan Sipades,” ujanya.

Selain adanya aplikasi pembantu dalam pengelolaan, dukungan serta sinergi dari Bupati Muba dan OPD terkait sangat membantu terwujudnya kesuksesan dalam pelaksanaan bantuan keuangan kepada Desa dan Kelurahan.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Rejang Lebong Pranoto SH MSi mengungkapkan, rasa bangga serta bahagia atas sambutan yang telah diberikan Pemkab Muba berserta jajaran.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih dimana telah diterima dan dijamu dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Muba dan diperkenankan untuk melihat kelebihan-kelebihan dalam hal pengelolaan dana desa,”bebernya.

Melihat beberapa cara tata kelola keuangan Pemkab Muba, yang juga termasuk dalam pengelolaan dana desa dengan menciptakan aplikasi dan mendapatkan dukungan dari pimpinan.

“Menjadikan kami tidak salah pilih dengan memilih Kabupaten Muba sebagai tempat untuk belajar dan memperoleh Informasi sebanyak-banyaknya, yang nantinya akan di kembangkan dan menjadi contoh untuk di Kabupaten Rejang Lebong. Dengan adanya diskusi ini akan terjalin hubungan yang baik antara Pemkab Muba dengan Pemkab Rejang Lebong,”pungkasnya. (Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.