Banner sumsel

Beberapa Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin

PALEMBANG, koranindonesia.id — Sekarang kulkas sepertinya menjadi perangkat rumah tangga yang harus ada di setiap rumah.  Masalah yang sering kali terjadi pada kulkas yaitu sering tidak dingin lagi sehingga menyebabkan makanan yang tersimpan di dalamnya menjadi rusak. Ketika hal ini terjadi, apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?.  Kulkas yang tidak dingin bisa saja diakibatkan karena kesalahan dari pemakai atau kerusakan karena usia. Jika Anda menemuka kulkas Anda tidak terasa dingin, jangan dibiarkan terlalu lama karena hal seperti ini  bisa berakibat freezer tidak berfungsi secara maksimal, makanan akan cepat busuk, tagihan listrik juga akan membengkak karena kompresor terus menyala. Berikut cara mengatasi apabila terjadi dikulkas anda yang tidak dingin lagi dilansir dari laman rumahllia.com

  1. Membersihkan bunga es yang menutupi lubang angin kulkas, jika anda menghadapi masalah dengan kulkas anda di rumah karena lama dinginnya atau bahkan tidak dingin lagi, maka hal pertama yang wajib anda lakukan adalah memeriksa bunga es yang seringkali menutupi bagian lubang angin yang memang berperan dalam mendinginkan udara di dalam kulkas.                                              Setelah anda memeriksa ternyata hal ini memang terjadi, maka anda harus segera membersihkan bunga es yang menumpuk itu. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu membiarkan kulkas anda terbuka dan taruh kipas angin di depannya agar anginnya bisa langsung berinteraksi dengan bagian dalam kulkas anda. Cara ini sering saya gunakan karena terbukti sangat cepat dan efektif dalam mencairkan bunga-bunga es. Sehingga bagian freezer menjadi bersih kembali.                   Selanjutnya jika bunga es sudah mencair, anda bisa membuang air yang tertampung pada bagian bawah freezer. Lalu lakukan pengelapan menggunakan lap bersih agar air bisa hilang dan tidak menimbulkan pembentukan bunga es kembali dalam waktu dekat. Proses terakhir anda bisa mencoba menyalakan kembali kulkas anda dan tunggu beberapa saat untuk bisa dingin kembali. Saran saya, bersihkanlah bunga-bunga es secara rutin agar masalah ini tidak terulang kembali.
  1. Lakukan pengaturan suhu yang maksimal pada kulkas, ketika anda membeli kulkas baru, periksalah terlebih dahulu pengaturan suhunya setelah anda menyalakannya. Seringkali ditemukan kasus pada seseorang yang memang baru mempunyai kulkas dan mengeluh kulkasnya tidak dingin. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya pengetahuan terhadap karakteristik kulkas.                               Setelah dilakukan pengecekan, ternyata suhu yang ada pada kulkas beroperasi pada suhu yang relatif rendah. Bagaimana mau dingin jika pengaturan suhunya rendah? Jadi yang perlu dilakukan adalah mengatur suhu pada kulkas anda pada angka yang maksimal untuk mengetes hasilnya. Dari situ nanti anda akan tahu kulkas anda bisa bekerja dengan baik atau tidak.
  1. Hindari menyimpan makanan yang masih panas, penyimpanan banyak makanan di dalam kulkas dengan kondisi yang masih panas akan menyebabkan suhu di dalam kulkas menjadi menurun karena berinteraksi dengan suhu panas yang dihasilkan oleh makanan yang anda simpan tersebut. Logika dasarnya adalah jika suhu panas yang dihasilkan lebih dominan, maka suhu disekitarnya pun akan mengikutinya.                                                                                                           Untuk menghindari keadaan seperti ini terjadi pada anda, maka sebelum menyimpan makanan anda di dalam kulkas, sebaiknya terlebih dahulu dibiarkan saja sampai dingin pada udara bebas. Secara otomatis jika makanan dibiarkan pada udara bebas, maka akan dengan sendirinya suhu panas yang masih ada pada makanan tersebut akan berangsur menurun. Nah, setelah benar-benar tidak panas lagi anda bisa menyimpannya di kulkas.
  1. Jauhkan kulkas dari peralatan yang menghasilkan panas, Peralatan-peralatan seperti kompor gas, oven listrik, magic com, alat pembakar roti yang menghasilkan panas pada umumnya akan mempengaruhi suhu di sekitarnya. Jika anda meletakkan kulkas, sebaiknya letakkanlah pada tempat yang tidak terlalu dekat dengan peralatan-peralatan yang menghasilkan panas. Karena udara panas yang ada di sekitar kulkas anda, akan sangat mempengaruhi peforma kulkas itu sendiri, sehingga bisa menyebabkan kulkas menjadi kurang dingin dan bahkan tidak dingin lagi.                                                                                                     Untuk mencegah hal-hal kecil seperti ini terjadi, yang biasanya tidak disadari ternyata efeknya cukup serius, maka yang anda perlu lakukan adalah harus lebih peka terhadap perubahan yang ditimbulkan di lingkungan anda dan mencoba menggunakan logika anda dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Bersihkan bagian kumparan kondesor secara rutin, Kumparan kondensor merupakan bagian dari kulkas yang mempunyai fungsi sebagai alat pembuang panas yang ditimbulkan oleh kulkas. Jika anda mengalami masalah seperti halnya kondisi kulkas yang tidak dingin lagi, maka anda bisa mencoba memeriksa kondisi kumparan kondensornya. Jika pada bagian tersebut kotor dan tertutup oleh debu, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan alat penyedot debu atau pun menggunakan sikat agar debu yang menempel bisa hilang.                                 Bersihkan bagian kumparan kondensor yang ada pada bagian dasar kulkas setidaknya dua tahun sekali, dan juga kumparan kondensor yang ada pada bagian belakang kulkas setidaknya satu tahun sekali, agar kulkas anda bisa bekerja dengan baik dalam jangka waktu yang cukup lama tentunya. Semoga bermanfaat (nnn)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.