Banner sumsel

Baznas Palembang Bagikan 1.600 Paket Lebaran untuk Dhuafa

Partisipasi Zakat Mall PNS Masih Minim

PALEMBANG, koranindonesia.id-Sebanyak 1.600 paket lebaran yang berisikan sembako dibagikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang kepada masyarakat yang berhak menerima di Kota Palembang.

Penyerahan tersebut dilakukan secara langsung Walikota Palembang, Harnojoyo, di rumah dinas, Rabu (29/5/2019).

Ketua Baznas Kota Palembang, Saim Marhadan mengatakan sebanyak 1.600  paket lebaran ini berupa sembako yang berasal dari zakat para ASN dan juga bantuan dari para BUMN dan BUMD yang ada di kota Palembang.

“Alhamdulilah kita bisa memberikan paket lebaran ini kepada yang berhak menerima seperti kaum dhuafa, anak yatim piatu, fakir miskin,” ujarnya.

Selain itu, juga diberikan bantuan pendidikan kepada sebanyak 225 siswa dari tingkat SD sampai SMA/SMK/MA.

Tak hanya itu, juga diberikan bantuan BPJS kesehatan kepada guru, bantuan kepada para ustadz dan ustadzah, bantuan panti asuhan, bantuan ke Unit Penghimpunan Zakat (UPZ) masjid dan masih banyak lagi.

Saim mengatakan ada dua OPD lagi yang belum berpartisipasi zakatnya ke Baznas. Padahal ini wajib kecuali non muslim. Kata dia, sesuai dengan Undang-undang 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan juga merupakan instruksi presiden.

“Setiap ASN dengan penghasilan Rp3,4 juta ke atas wajib membayarkan zakat 2,5 persen. Tapi ternyata partisipasinya kurang,” katanya.

Padahal, lanjutnya, partisipasi zakat mal dari ASN ini dapat bermanfaat untuk yang membutuhkan. Saat ini saja ada dua OPD dan 10 kecamatan di Palembang yang belum. “Dari target tahun ini Rp14 miliar baru terealisasi Rp2 miliar,” jelasnya.

Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan OPD yang belum berpartisipasi dalam menyalurkan zakat ke Baznas harus segera dilakukan karena ini adalah kewajiban.

“Alhamdulilah zakat ini kita berikan kepada orang yang membutuhkan dan berharap bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari apalagi menjelang lebaran banyak kebutuhan,” jelasnya. (iya)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.