Bawaslu Respons Sejumlah Masalah saat Hari Pemungutan Suara

PALEMBANG, koranindonesia.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dan jajaran menemukan sejumlah masalah terjadi saat hari pemungutan suara, Rabu (17/4), kemarin.

Dari hasil pengawasan tersebut, Bawaslu Provinsi melakukan sejumlah langkah untuk menjaga hak pilih setiap warga negara yang berhak memilih. “Selain melakukan pengawasan langsung, kami juga menerima aduan dari masyarakat yang menyampaikan bahwa mereka tidak bisa mencoblos karena masalah-masalah teknis. Menanggapi laporan tersebut, kami langsung meresponsnya dengan melakukan investigasi ke sejumlah TPS bermasalah,” ujar Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Iin Irwanto, didampingi dua anggota Bawaslu Provinsi Sumsel Junaidi dan Syamsul Alwi, Rabu (17/4/2019) malam.

Langkah yang dilakukan Bawaslu RI tersebut, menurut Iin, diikuti oleh jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota di Sumsel, hingga jajaran di tingkat bawah. “Kami telah memerintahkan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk menindaklanjuti aduan masyarakat, dan menjaga hak pilih warga negara. Jika dari hasil pengawasan didapatkan hal-hal yang memenuhi syarat untuk dilakukan pemilu susulan atau pemilu lanjutan silakan disampaikan ke jajaran KPU,” tutur Iin.

Hingga Rabu (17/4) malam, jajaran Bawaslu Provinsi Sumsel terus melakukan pengawasan terhadap proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran pemilu di wilayah Sumsel.
(rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.