Banner sumsel

Bawaslu OKU Kewalahan Tertibkan APK

BATURAJA, koranindonesia.id – Mulai hari ini, Minggu (14/4/2019) sudah memasuki masa tenang. Pihak Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bersama Satpol PP Kabupaten OKU, dibantu pihak Kepolisian dan TNI melaksanakan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2019.

Bawaslu OKU sampai tingkat kecamatan bersama personel Satpol PP turun menyelusuri jalan membersihkan APK, milik calon DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD dan APK pasangan capres-cawapres, yang tersebar di sejumlah titik di wilayah Kabupaten OKU.

Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya didampingi Kordiv Pengawasan, Hubal dan Humas, Yeyen Andriza bersama Kordiv HPP Anggi Yumarta mengatakan, sebelum melakukan penertiban APK sebelumnya pihak Bawaslu OKU sudah mengirim surat yang berisikan imbauan kepada pengurus parpol peserta pemilu untuk melakukan penertiban sendiri saat masa tenang.

“Ternyata setelah kita surati masih ada juga APK yang terpasang. Ini yang kita bersihkan. Penertiban atau pembersihan APK ini dilakukan gabungan bersama pihak Satpol PP OKU. Pelaksanaan dilaksanakan serentak sampai ke tingkat kecamatan se-Kabupaten OKU,” katanya.

Dewantara menambahkan, pihaknya merasa bersyukur pelaksanaan penertiban ini berjalan lancar dan tidak ada kendala. Tingkat kesadaran masyarakat menyikapi penertiban APK ini cukup baik.

“Kita akui memang banyak APK yang terpasang. Rata-rata sudah kita bersihkan. Penertiban yang dilakukan kali ini sesuai dengan batas kemampuan personel yang ada. Jumlah APK dilapangan ini memang banyak, bahkan melebihi jumlah personel Bawaslu dan Satpol PP, kepolisian dan TNI yang ikut membantu melakukan penertiban,” paparnya.

Penertiban yang dilakukan serentak ini pastinya, akan dilakukan sesuai kemampuan. Mengingat jumlah personel dan waktu yang ada jika masih belum selesai pada hari ini, besok akan dilanjutkan.“Kita imbau peran serta dari para peserta pemilu untuk ikut aktif membantu Bawaslu untuk membersihkan APK mereka yang masih terpasang,” imbuhnya pula.

Sementara itu, Panwascam Kecamatan Baturaja Timur yang ikut terjun langsung untuk membersihkan APK mengaku, di wilayah Baturaja Timur lumayan cukup banyak APK yang masih terpasang, pihaknya sangat kewalahan untuk membersihkan APK tersebut.

“Kami berharap untuk caleg, parpol, dan tim bisa dengan sendiri melepas APK yang dipasang di rumah-rumah,” ucap Saipul anggota Panwascam Baturaja timur.
(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.