Bhintan Shalawat

Bawaslu OKU Ingatkan ASN untuk Netral

BATURAJA,koranindonesia.id – Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara untuk netral pada Pemilu 17 April 2019.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya, didampingi Koordinator Divisi HPP dan Penyelesaian Sengketa, Anggi Yumarta. Dewantara menjelaskan, ASN dilarang ikut berkampanye. Termasuk saat hari libur. Kecuali yang bersangkutan mengambil cuti sebagai abdi negara.

Selain itu lanjut dia, netralitas pejabat negara dalam kampanye juga sangat diperlukan sehingga pelaksanaan demokrasi lima tahun sekali tersebut bisa berjalan dengan baik. “Ada sanksi pidana bagi ASN atau pejabat negara yang terbukti tidak netral,” tegas Dewan.

Kendati demikian Dewan mengaku, pihaknya di lapangan sering kesulitan mendapatkan alat bukti mengenai pelanggaran tersebut. Oleh karena itu, seluruh pengawas di lapangan mesti proaktif berkoordinasi dengan tim dari Sentra Penegakan Hukum Gakkumdu, khususnya dengan Polres OKU.

Sementara Kasatreskrim Polres OKU, AKP Alex Andryan SKom yang ikut hadir dalam rapat tersebut sebagai pembicara mengatakan, pihaknya sendiri siap membantu Bawaslu OKU untuk menyukseskan Pemilu 2019 agar berjalan aman dan tertib. (tin)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.