Barang Ilegal Senilai Rp3,5 Miliar Dimusnahkan Pakai Alat Berat

 

PALEMBANG, Koranindonesia.id – Kanwil Dirjen Bea dan Cukai Wilayah Bagian Timur memusnahkan barang yang dilarang dan dibatasi senilai Rp3,5 miliar di Kantor Bea Cukai Palembang, Rabu (4/12/2019).

Barang yang dimusnahkan hasil sitaan sepanjang 2019 ini antara lain, 8,5 juta batang rokok, 14.431 botol minuman mengandung etil alkohol (MMEA), 264 botol HPTL, 97 kg tembakau iris

Kemudian sebanyak 6.722 butir suplemen, 14 pcs spare part, 136 pcs sex toys, 12 kembar pakaian, 14 pcs airsoft gun, tiga kotak kosmetik dan beberapa senjata tajam jenis pisau serta anak panah.

Barang-barang ilegal tersebut dimusnahkan dengan beberapa cara yakni dihancurkan menggunakan alat berat dan ada juga yang dibakar.

“Sepanjang tahun ini Kantor Wilayah DJBC Sumbagtim dan Kantor Bea Cukai Palembang telah melakukan penindakan sebanyak 716 pelanggaran di bidang Kepabeanan dan Cukai,” kata Kakanwil DJBC Sumbagtim Dwijo Muryono didampingi Kepala Bea Cukai Palembang Meidy Kassim.

Dirinya menyebut, sejumlah pelanggaran antara lain 278 pelanggaran impor barang kiriman Pos, 319 pelanggaran cukai hasil tembakau, 27 pelanggaran impor umum.

Selain itu juga ada 67 pelanggaran impor barang penumpang, 14 pelanggaran cukai minuman mengandung etil alkohol lokal, 7 pelanggaran cukai MMEA impor dan 3 ekspor barang penumpang.

“Pemusnahan ini merupakan salah satu usaha Dirjen Bea dan Cukai untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat serta industri dalam negeri,” imbuhnya. (sup)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.