Banner sumsel

Banyak Petugas KPPS Meninggal, Kader PKS Diperintahkan Pasang Ini

JAKARTA, koranindonesia.id – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman menyampaikan duka mendalam atas gugurnya 583 petugas KPPS pada pelaksanaan Pemilu 2019, baik dari unsur KPU, Bawaslu, polisi, dan saksi yang meninggal dunia.

Sohibul juga mendesak pemerintah segera menetapkan hari berkabung nasional. Dia juga meminta masyarakat memasang bendera setengah tiang, sebagai bentuk duka nasional dan penghormatan kepada 583 petugas yang meninggal. Selain korban meninggal juga ada 4.602 orang yang sakit karena diduga kelelahan dalam mengawal Pemilu 2019.

“Pemilu 2019 telah menyisakan duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Kami mendesak pemerintah segera menetapkan hari berkabung nasional dan meminta rakyat Indonesia berdoa dan mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk keprihatinan dan duka nasional terhadap para penyelenggara pemilu yang gugur dan sakit,” ujar Sohibul Iman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/5), kemarin.

Secara khusus, kepada pengurus struktur PKS seluruh Indonesia, Sohibul mengintruksikan agar kantor-kantor PKS dari tingkat pusat, wilayah, daerah, cabang, sampai ranting untuk memasang bendera merah putih setengah tiang.

“Sebagai wujud keprihatinan, rasa kemanusiaan, rasa solidaritas dan penghormatan atas jasa-jasa perjuangan mereka, DPP PKS menginstruksikan kepada pengurus PKS untuk bersama-sama mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang di kantor-kantor PKS,” kata Sohibul.

Menurut Sohibul, ratusan jiwa petugas pemilu yang meninggal dunia pada Pemilu 2019 merupakan kejadian luar biasa yang tidak boleh terulang pada pemilu yang akan datang. Untuk itu diperlukan evaluasi yang menyeluruh dari berbagai pihak, termasuk DPR.

“Kami dari PKS mengajak fraksi-fraksi di DPR untuk mendukung pembentukan Pansus Penyelenggaraan Pemilu yang bertujuan untuk mengevaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan Pemilu termasuk menyelidiki penyebab meninggal dan sakitnya petugas Pemilu 2019,” terang Sohibul.
(mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.