Banner sumsel

Banyak Anjal Baru Bermunculan, Warga Lahat Mengaku Resah

LAHAT, koranindonesia.id – Meski sudah cukup sering dilakukan penertiban, keberadaan anak terlantar atau yang biasa disebut anak jalanan (anjal) di Kota Lahat terus saja bermunculan.

Bahkan, sejumlah wajah baru para anjal ini terlihat kerap beraktivitas di pusat Kota Lahat.  Seperti,  yang terlihat, Rabu (17/10/2018) sepasang anjal tidur di depan pertokoaan kompleks Citra Niaga.

Meski banyak warga dan kendaraan lalu lalang, namun tak membuat sepasang anjal ini terbangun dari tidurnya.  Bahkan, meski kerap menjadi perhatian warga yang melintas,  keduanya tampak tak hirau.

Sesekali terlihat anjal pria membuka matanya, namun tak lama berselang kembali tidur dan menempel kepada anjal perempuan yang tampak nyenyak tertidur. Kondisi kedua anjal ini cukup memprihatinkan.  Selain terlihat tidur di teras toko yang kotor dan berdebu, pakaian keduanya pun terlihat tak layak.  Berjarak sekitar tiga meter tampak juga seorang gelandangan.  Keberadaan Anjal di Lahat sendiri sangat mudah ditemui seperti di Simpang Empat Pasar Lematang Lahat.

Keberadaan para anjal sendiri cukup membuat gerah warga di lokasi tersebut.  Apalagi, kawasan tersebut pusat perbelanjaan.

“Sebenarnya kasihan melihatnya kondisinya. Namun juga meresahkan. Apalagi, membuat kurang nyaman, saat hendak melintas di lokasi pertokoan. Kita berharap pemerintah bisa menertibkan dan membinanya,” ujar Fanrozi (46), warga Kota Lahat.

Sebelumnya,  Kepala Dinas Sosial Lahat Harinus mengungkapkan, bersama dinas terkait lainya seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) pihaknya kerap melakukan penertiban para anjal ini.

Namun, dikatakan Harinus, keberadaan anjal ini terus saja bermunculan kembali dan tak sedikit merupakan wajah baru.  Diungkapkan Harinus,  keberadaan anjal sendiri kebanyakan pendatang dari luar Kabupaten Lahat.

“Kalau penertiban dan pembinaan kerap dilakukan.  Namun anjal ini selalu ada.  Tentu kita akan terus upayakan sehingga tidak meresahkan warga masyarakat lainya,” terangnya.

(sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.