Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

Bantuan Korban Banjir Karawang-Bekasi Fokus Orang Sakit, Lansia dan Ibu Hamil

JAKARTA, koranindonesia.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai mengkoordinir distribusi bantuan ke lokasi banjir di Karawang, Senin (22/2/2021).

Saat bersamaan petugas BNPB juga mengevakuasi warga terdampak. Evakuasi itu difokuskan pada penyelamatan warga yang sakit, Lansia dan ibu hamil.

“BNPB akan mengkoordinasikan bantuan terutama untuk masyarakat terdampak. Prioritasnnya adalah Logistik siap saji,”  kata Kepala BNPB Letjen Doni Monardo usai mendampingi Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau banjir di Karawang menggunakan helikopter.

“Kedua adalah evakuasi bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan. Juga masyarakat yang lansia, ibu hamil. Ini juga mungkin perlu mendapat prioritas untuk langkah-langkah penanganan,” imbuhnya.

Dia mengatakan, makanan siap saji itu diangkut dari Bandara Halim Perdanakusuma menggunakan helikopter milik BNPB langsung ke lokasi terdekat tenda pengungsian. Makanan siap saji itu dibeli dari rumah-rumah makan yang ada di sekitar bandara itu.

“Kemudian logistik kita akan himpun dari sekitar halim ini restoran dan cafe-cafe untuk kita minta mempercepat penyiapan logistik siap saji. Helikopter sudah siap,” katanya.

Dia juga meminta masyarakat korban banjir yang membutuhkan bantuan evakuasi untuk mendekat ke area yang bisa dijangkau helikopter. Sehingga proses evakuasi bisa berjalan lancar. Masyarakat yang jadi korban banjir segera mendapat pertolongan.

“Jadi mohon masyarakat yang memerlukan bantuan evakuasi untuk mencari lokasi heliped yang lebih aman agar kami bisa evakuasi dari lokasi bencana,” kata Doni.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.