Bantu Alat Pertanian Wujudkan Petani Sejahtera

LAHAT, Koranindonesia.id – Guna terus menggenjot hasil pertanian petani di kabupaten Lahat, Pemerintah Daerah (Pemda) Lahat melalui Dinas Pertanian, memberikan bantuan alat-alat pertanian kepada kelompok tani (Koptan). Tidak saja diharapkan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian namun, bantuan tersebut bisa memicu peningkatan jumlah luas lahan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Ir H Agustia Budiman MM mengatakan jika saat ini, luas pertanian di Kabupaten Lahat, mencapai 17.158 Ha, yang ditanami padi, jagung dan kedelai. “Untuk Oktober-Maret (Okmar), predikat ke dua di Sumsel dengan menghasilkan 5,2 ton perhektar, pada triwulan ll di Tanjung Sakti 7,2 ton perhektar bisa mengalahkan OKU Timur,” ungkapnya usai mendampingi bupati Lahat, Cik Ujang, SH menyerahkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani, Jumat (17/5).

Untuk bantuan yang diberikan sendiri berupa 13 unit hand tractor, 3 unit tractor mini, 11 unit pompa air, dan satu paket terpal jemur. “Kita terus berlomba agar surplus beras dan tetap mempertahankan swasembada pangan,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Lahat, Cik Ujang SH menyampaikan jika pemerintah peduli dengan sektor pertanian seperti peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai serta mempertahankan swasembada pangan dan surplus beras 150 ton. “Dengan demikian, akan mengurangi angka rumah tangga miskin. Dijaga dan dirawat alat pertanian jangan baru tiga bulan sudah tidak bisa dipergunakan lagi. Alat tersebuy untuk mensejahterakan masyarakat petani yang tinggal di desa,”pintanya.

Martin perwakikan kelompok tani (Koptan) menuturkan, terima kasih atas sumbangsih kepada petani se Kabupaten Lahat. Sangat tertolong dan diperhatikan oleh pemerintah, terutama dibidang pertanian “Biasanya bisa memakan berminggu bahkan berbulan-bulan mengelola sawah, dengan adanya bantuan hand tractor mempermudahkan petani membajak sawah,” ucapnya. (Sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.