Banner sumsel

Banjir Jadi PR Pemkot Palembang, Pembenahan Drainase Tunggu Anggaran 2019

 

PALEMBANG,koranindonesia.Id – Banjir yang melanda sejumlah jalan protokol, fasilitas unum dan rumah warga dengan ketinggian hampir sepinggang orang dewasa  menjadi PR tersendiri bagi Pemerintah Kota Palembang.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Bastari Yuzak mengatakan, saat ini sejumlah jalan protokol pasca pembangunan infrastruktur (LRT) menjadi titik banjir baru bila hujan deras.

Hal itu menurut Bastari dikarenakan adanya penyempitan saluran air dan beberapa booster yang rusak akibat pembangunan infrastruktur tersebut.

Seperti di  Jalan Jendral Sudirman, Kapten A Rivai dan Mangkunegara yang menjadi kolam saat hujan reda akibat penyempitan saluran.

“Selain dampak pembangunan LRT ini juga dampak penggalian pipa gas. Dan saat ini kita bersama pihak pengembang tengah membenahinya,” katanya, Selasa (13/11/2018).

Dikatakannya, masalah banjir ini biasanya memang salah satu dampak dari pembangunan kota-kota yang tengah berkembang.

“Kita butuh LRT dan gas alam dan ini memang dampaknya dan kita akan segerakan pembenahannya,” akunya.

Saat ini, lanjut dia, pembenahan ini masih terkendala kewenangan, tanggung jawab dan anggaran yang mesti melalui proses tertentu.

“Ini kan termasuk tender, kalau kita kerjakan sekarang itu melanggar hukum. Untuk lelang tender itu biasanya 20-45 hari,” imbuhnya.

Sementara pada Jalan Kapten A Rivai itu adalah kewenangan provinsi dan ada beberapa saluran yang menyempit karena pembangunan infrastruktur.

Salah satu yang akan pihaknya segerakan yaitu membuka saluran dari gedung keuangan negara hingga Jalan Sungai Baung, pompanya akan dibenahi dan dilebarkan lagi salurannya kemudian dibuat pedesterian. Kemudian saluran di Jalan Sudirman harus dibuka sampai Jalan Tengkuruk karena mengalirnya langsung ke Sungai Musi dan saat ini tak tertampung lagi.

“Semua itu menunggu anggaran, mulai 2019 nanti baru bisa dikerjakan sesuai prosedurnya,” pungkasnya. (Sen)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.