Banner Pemprov Agustus

Bangun Puskesmas Percontohan dan Pasar Tradisional di Keluang

KELUANG,koranindonesia.id- Kebutuhan pelayanan kesehatan hingga sarana pasar tradisional di Kecamatan Keluang akhirnya terpenuhi. Ini setelah Pj Bupati Muba Drs Apriyadi mengalokasikan dana pembangunan puskesmas percontohan dan Pasar Tradisional di Desa Karya Maju Kecamatan Keluang.

Rabu (7/9/2022) pagi Pj Bupati Apriyadi mengecek langsung progress pembangunan puskesmas percontohan dan Pasar Tradisional di Desa Karya Maju Kecamatan Keluang. Pantauan di lokasi tampak Apriyadi meminta agar pelaksana pengerjaan proyek bekerja dengan baik dan penyelesaiannya tepat waktu.

“Puskesmas di Desa Karya Maju ini dibangun sejak transmigrasi dibuka di Keluang. Jadi memang perlu pembenahan untuk mengakomodir pelayanan kesehatan warga Keluang,” ucap Apriyadi.

Mantan Kepala Bappeda Muba ini menyebutkan, Puskesmas di Desa Karya Maju tersebut dibangun sesuai standar dari Kementerian Kesehatan. “Jadi puskesmas ini akan jadi puskesmas percontohan di Kabupaten Muba,” ulasnya.

Lanjutnya, puskesmas Desa Karya Maju selain berfungsi sebagai pelayanan kesehatan juga menjadi wadah edukasi kesehatan warga. “Selain ruangan yang bagus kita juga akan siapkan fasilitas yang baik demi kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Apriyadi mengungkapkan, Pemkab Muba mengucurkan anggaran sebesar Rp4.606.838.000.00 Miliar untuk pembangunan puskesmas sedangkan pasar tradisional sebesar Rp883.129.000. “Target Januari 2023 sudah bisa digunakan dan akan kita launching operasionalnya,” bebernya.

Kepala Puskesmas Desa Karya Maju dr Sri Yulianti Esmita menyebutkan puskesmas mampu menampung hingga 12 pasien untuk perawatan yang terdiri dari 3 bed anak, 3 bed dewasa perempuan, 3 bed dewasa pria, 2 bed persalinan, dan 1 ruang isolasi.

“Dengan adanya bangunan puskesmas yang baru nantinya perawatan dapat lebih maksimal, karena ruang kantor dan rawat jalan dapat terpisah karena selama ini bercampur jadi satu dengan kondisi ruang yang tidak memungkinkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pj Bupati Apriyadi yang menjawab kebutuhan warga masyarakat Keluang selama ini. “Minimal penanganan sementara untuk kesehatan di puskemas ini dapat berjalan maksimal, saya mewakili masyarakat Keluang dan tenaga medis di puskesmas mengucapkan banyak Terima kasih kepada pak Bupati Apriyadi,” tuturnya.

Kepala Disdagperin Muba, Azizah SSos MT menyebutkan pembangun dan pengelolaan sarana distribusi pasar Karya Maju Keluang mengucurkan anggaran sebesar Rp883.129.000.

“Sesuai keinginan pak Bupati agar dengan keberadaan pasar ini pedagang jadi lebih tertata rapi dan kondisi pasar tidak semrawut, target kita 120 hari kerja pasar ini sudah selesai pembangunannya dan saat ini telah dimulai,” pungkasnya.

Senada diucapkan Camat Keluang Debby Heryanto SSTP MSi. Ia mengucapkan terima kasih atas alokasi bantuan pembangunan puskesmas dan pasar di Desa Karya Maju Kecamatan Keluang.

“Pembangunan puskesmas percontohan dan pasar tradisional ini sangat bermanfaat kepada masyarakat Keluang, Terima kasih pak Pj Bupati Apriyadi, telah memfasilitasi kebutuhan warga Keluang,” tandasnya.

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.