Banner sumsel

Baleg Inisiasi Revisi UU Tata Perundangan Masuk Daftar Prolegnas Prioritas 2019

JAKARTA, koranindonesia.id – Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Totok Daryanto menyampaikan rencana Baleg DPR RI untuk menginisiasi revisi terbatas pada Undang-Undang (UU) Nomor 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan dan dimasukkan ke dalam daftar Prolegnas Prioritas 2019.

“Perlu perubahan UU yang mengatur tentang Peraturan Perundang-Undangan karena di UU itu ditetapkan bahwa seluruh pembahasan UU yang ada di periode saat ini tidak bisa dilanjutkan untuk dibahas periode berikutnya,” ujar Totok di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Ia menambahkan, pada dasarnya Baleg tidak akan banyak merombak UU itu, dan hanya melakukan revisi terbatas terkait pasal yang mengatur ketentuan pembentukan Rancangan UU (RUU), agar tidak hanya berlaku pada masa keanggotaan DPR RI saat ini (jangka waktu 5 tahun), namun juga bisa dilanjutkan (carry over) untuk masa keanggotaan DPR RI periode berikutnya.

“Pasal itu mau coba kita pelajari kembali, kemudian dilakukan perubahan supaya apapun yang kita hasilkan sekarang tidak sia-sia. Ini bahan (RUU) sudah setengah jadi, tinggal dilanjutkan pembahasannya oleh anggota DPR periode berikutnya,” jelas legislator Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

(mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.