Banner Pemprov Agustus

Bakamla RI Lanjutkan Latihan Bersama dengan Japan Coast Guard

Jakarta,koranindonesia.id-Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) kembali melanjutkan Latihan Bersama dengan Japan Coast Guard (JCG) di Tahun 2021 ini.

Kegiatan latihan bersama itu, berlangsung secara daring, dan berpusat di Kantor Bakamla RI Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (25/1/2021).

Kegiatan yang fokus pada pelatihan di bidang hukum laut dan aturan pelibatan ini, diikuti oleh ratusan personel Bakamla RI yang tersebar di seluruh Indonesia. Turut didukung oleh Japan International Cooperation Agency (JICA), latihan ini merupakan salah satu wujud kerja sama yang baik antara Bakamla RI dan pihak otoritas Jepang yang terkait, dalam hal ini JCG dan JICA.

Situasi pandemi bukanlah sebuah alasan bagi personel Bakamla RI untuk mengendurkan kapabilitasnya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Sebaliknya,  personel Bakamla RI tetap semangat meningkatkan kompetensinya.

Sebut saja pendalaman pemahamanan mengenai UNCLOS 1982, penggunaan kekuatan dan aturan pelibatan, kuliah mengenai penegakan hukum di laut, teknik-teknik dalam melakukan pencarian (SAR), pencegahan adanya unsur kesalahan pada manusia, serta teknik-teknik melakukan penangkapan, akan dibahas dalam pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ke depan.

Kasubdit Renlat Bakamla RI Kolonel Bakamla Agus Izudin, berharap para peserta pelatihan dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang di perlukan. Selain itu, diharapkan pula kegiatan ini dapat menjadi wadah penguatan komunikasi dengan JCG.

Bertindak selaku instruktur, Senior Representative JICA Shigeo Honzu turut dihadirkan dalam kegiatan ini. Selain itu Principal Officer of Mobile Cooperation Team (MCT) JCG Commander Tateishi Ryosuke, dan beberapa pelatih lainnya dari JCG juga mendukung jalannya kegiatan ini selaku fasilitator utama.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.