Banner sumsel

Bahas Transparansi Parlemen, Sekjen DPR RI Hadiri Sidang ASGP di Jenewa

JAKARTA,koranindonesia.Id – Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menghadiri Sidang Association of Secretaries General of Parliaments (ASGP) yang berlangsung di Jenewa, Swiss pada 15 hingga 18 Oktober 2018. Sidang ini membahas pentingnya transparansi parlemen terhadap rakyat atau konstituen.

“Transparansi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti  penyediaan data, buku,dokumen, jurnal dan manuskrip di perpustakaan parlemen, masyarakat dapat menghadiri sidang paripurna dari bangku pengunjung,” jelas Indra dalam siaran pers yang diterima koranindonesia.id di Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Indra menyampaikan hal tersebut usai menghadiri sidang ASGP yang dilaksanakan paralel dengan the 139th session of the Inter-Parliamentary Union (IPU) di Jenewa, Swiss.

Indra menjelaskan, parlemen dapat melakukan transparansi melalui penggunaan teknologi seperti website dimana rakyat dapat menyampaikan aspirasinya kepada parlemen melaui situs parlemen.

“Parlemen juga bisa mengadakan diskusi panel dengan publik, akademisi dan masyarakat untuk mereview undang-undang tertentu dan juga mengadakan program parlemen remaja guna mengajak para pemuda untuk berpartisipasi dalam kehidupan berdemokrasi dan menghargai perbedaan pendapat,” paparnya.

Untuk diketahui, sidang ASGP akan berlangsung selama empat hari dengan berbagai agenda sidang dengan menghadirkan para pembicara dari beberapa Sekretaris Jenderal Parlemen negara-negara Anggota IPU. Forum ini untuk berbagi pengalaman sebagai supporting system dalam memberikan dukungan terhadap tugas-tugas parlemen.

Turut hadir Sekretaris Jenderal Parlemen Iran, Mr Gholamreza Nouri Ghezelgeh, Sekretaris Jenderal Parlemen Kuwait Allam Ali Al-Kandari, Sekretaris Jenderal Parlemen Maroko Najib El-Khadi dan  Sekretaris Jenderal Parlemen Georgia Givi Mikanadze.(Mar)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.