BANNER Dukung 5m
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Azis Syamsuddin Minta Polri Tangkap Pelaku Teror Pesan Berantai

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Sebuah pesan berantai bernada teror dan ancaman ke kepolisian beredar di aplikasi pesan WhatsApp. Pesan itu beredar pascapenangkapan 22 tersangka teroris jaringan Jemaah Islamiyah (JI) di wilayah Jawa Timur.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin meminta pihak Polri untuk mengusut tuntas pesan berantai yang bernada ancaman dan teror terhadap institusi Polri dan bangsa Indonesia oleh pihak mujahidin.

” Polri harus dapat segera menangkap pelaku penebar teror tersebut, jangan sampai kelompok itu melakukan aksi, Polri harus sigap jangan sampai kecolongan,” kata dia dalam keterangannya, Jumat (19/3/2021).

Politisi Golkar itu meminta polri untuk dapat mengantisipasi pergeseran pergerakan mereka usai melakukan teror dengan memperketat pintu masuk lalu lintas masuk baik orang dan barang di setiap akses.

“Kedepankan deteksi dini, Polri melalui Densus harus memutus sel sel baru terorisme. Ancaman ini bukti bahwa mereka telah mempersiapkan pengantin, terlebih dalam dekat memasuki bulan ramadhan,” demikian Azis yang politisi Golkar ini.

Sebelumnya Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan pesan itu, sebelum pemindahan 22 orang tersangka teroris dari Mapolda Jatim ke Mabes Polri, Jakarta.

“Informasi [teror] itu sudah kita terima sebelum menggeser dari Mapolda ke bandara, itu sudah kita terima informasi itu,” kata Gatot kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Saat ini, kepolisian telah menyelidiki siapa yang mengirimkan dan menyebar pesan teror berantai tersebut. Termasuk, mendalami dan melakukan profilling si pembuat pesan.

“Kami lakukan penyelidikan. Nunggu hasil, masih di-profilling dan kita sudah koordinasikan dengan Ditsiber serta Densus untuk mem-profilling siapa yang membuat dan menyebarkan,” ucap dia.

Adapun pesan teror berantai itu, berisi:

“DAN TUNGGU SAAT NYA SEBENTAR LAGI BEBERAPA DAERAH TERUTAMA JAWA TIMUR AKAN MENDAPATKAN SERANGAN DARI KAMI! TERUTAMA TEMPAT BERMARKAS NYA PARA BAJINGAN COKLAT AKAN KAMI JADIKAN SASARAN UTAMA!”

Sebelumnya, sebanyak 22 terduga teroris yang telah ditangkap di Jawa Timur, beberapa waktu lalu, kini digelandang dari Mapolda Jatim ke Mabes Polri Jakarta.

Mereka diberangkatkan ke Bandara Juanda menggunakan dua bus Polda Jatim. Dengan pengawalan ketat dari personel Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri, yang bersenjata lengkap.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.