Awal Ramadan, Pedagang Bunga Musiman Raup Untung Berlimpah

JAKARTA,koranindonesia.id – Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, penjual bunga musiman untuk berziarah mulai bermunculan di Makam Cadas Lebak, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Minggu (5/5/2019).

Tradisi ziarah ke makam leluhur sebelum bulan puasa itu rupanya menjadi berkah bagi pedagang bunga karena omset yang didapatkan jauh berbeda dari hari-hari biasa.

Sebagian besar penjual bunga itu didominasi oleh perempuan dan warga sekitar yang mengaku sudah bertahun-tahun menjual bunga di sekitar makam.

Seperti Musdalifa (53) yang sudah berjualan bunga tabur selama kurang lebih lima tahun, ia mengaku penghasilan berjualan bunga menjelang bulan puasa ini meningkat. “Saya sudah lima tahunan jualan bunga, alhamdulillah sudah dari tiga hari kemarin, menjelang puasa saya jualan ramai terus yang beli,” ungkapnya kepada koranindonesia.id, di Tangerang, Minggu (5/5/2019).

Untuk jenis bunga yang dijual seharga Rp5.000, dan satu botol air mawar seharga Rp10.000, namun harga bisa mencapai Rp20.000 tergantung isi bunga yang diinginkan pembeli.

“Ini satu kantong plastik isinya ada bunga mawar, pandan, melati, kantil, kenanga, harganya Rp5.000, kalau mau sama air mawarnya satu botol Rp10.000. Biasanya orang-orang beli dua-duanya sih,” terangnya.

Jika hari-hari biasa penghasilnya dari berjualan bunga hanya puluhan ribu, kali ini dirinya bisa mendapat keuntungan sampai ratusan ribu. “Alhamdulillah, penghasilan bertambah. Jika hari biasa hanya puluhan ribu, kali ini bisa ratusan ribu,” terangnya.

Untuk diketahui, mayoritas masyarakat Kabupaten Tangerang memang melakukan ziarah kubur tiga hari hingga sehari sebelum datangnya bulan Ramadan, dan pada saat sepulang sholat ied hingga tiga hari setelah lebaran.
(erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.