Banner sumsel

Atasi Kemacetan, Tambah Koridor LRT ke Timur Kota

PALEMBANG, koranindonesia.Id – Kehadiran Light Rail Transit (LRT) atau kereta ringan dalam kota Palembang belum juga menjadi solusi mengatasi kemacetan di metropolis ini dan masih perlu usaha keras dengan menjadikan LRT sebagai transportasi utama yang terintegrasi dengan angkutan lainnya.

Seiring waktu, jumlah kendaraan semakin banyak di kota ini. Pemerintah daerah menargetkan LRT menjadi transportasi utama meski saat ini baru mewadahi 20 persen cakupan angkutan. Sehingga perlu mensinergikan LRT dengan angkutan vender atau angkutan pendukung dari stasiun LRT ke perumahan.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Perencanaan Insfastruktur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Kota Palembang, Ir.H.M Affan Prapanca, M.T, IPM.

“Perlu adanya intergrasi antara LRT dengan angkutan intermoda  ataupun antar moda. Seperti dari stasiun terhubung dengan bus Trans Musi, angkot, ketek di Sungai Musi dan transportasi lainnya yang langsung ke permukiman warga,” ujarnya.

Affan mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan kajian dalam mengatasi kemacetan di Kota Palembang. Salah satunya adalah menambah koridor LRT ke arah timur kota yang meliputi Jalan Noerdin Panji ke arah Prabu Negara, Sei Selayur.

“Penambahan koridor ini masih kajian, Palembang membutuhkan lebih dari satu koredor LRT,” katanya.

Pengembangan kawasan di sekitar stasiun pun harus dipikirkan pemerintah. Transit Oriented Development (TOD) saat ini telah dilakukan oleh pihak swasta di eks Bioskop Cineplex. Selain itu di Jakabaring pun sudah mulai dilakukan. Ia menilai, bersinergi dengan pihak swasta nyatanya memang harus dilakukan di tengah keterbatasan APBD yang dimiliki.

“Harapan kita di setiap zona ada daya tarik, sehingga orang tertarik menggunakan LRT dan lepas dari ketergantungan kendaraan pribadi. Seperti selain disiapkan tempat penitipan kendaraan bermotor, ada juga penitipan sepeda dan hal menarik lainnya,” jelasnya. (Iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.