Banner Pemprov 17 Agustus

ASN Boleh Nyalon Kades

LAHAT,KoranIndonesia.id-—– Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMDes) Fauzan Khoiri Denin AP MM melalui Kabid Tata Wilayah dan administrasi pemerintah desa, Imam Santosa SSTP MSI menjelaskan,  ASN diperbolehkan menjadi Kades tanpa harus mengundurkan diri dan tetap mendapatkan haknya sebagai PNS. Namun demikian, ASN tidak serta merta bisa langsung mencalonkan diri. Sebab, harus mendapat izin dari pembina ASN, dalam hal ini Bupati.
 “Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ingin berkompetisi dalam pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2019, wajib mendapat persetujuan dari bapak Bupati melalui BKPSDM” ungkap Imam, Jumat (5/7/2019).
Lebih lanjut ia menjelaskan sepanjang ada izin dari bupati, maka ASN dan perangkat desa bisa maju ke Pilkades. Termasuk profesi guru yang berstatus ASN juga diperbolehkan ikut kompetisi asalkan menempuh mekanisme serupa.
“Sedangkan untuk gajinya. Misalkan guru yang terpilih jadi Kades, maka tunjangannya sebagai Guru dihapuskan seperti tunjangan Sertifikasi, atau tunjangan jabatan guru, Ia hanya Cuman mendapatkan gaji Pokok. Namun menerima tunjangan sebagai kades tapi tidak mendapatkan penghasilan tetap kades,”tuturnya.
Ditambahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Pemdes) Lahat H Pauzan Khoiri Denin bahwa saat ini sudah mulai masuk tahapan Pilkades serentak. Beberap kadea yang habis masa jabatan juga telah diganti pejabat sementara.  “Tahapannya sudah dimulai sekarang, tanggal 31 Oktober nanti pemilihannya, pelantikannya di bulan Desember nanti,” ungkap Pauzan. Untuk dana pelaksanaan nantinya menggunakan sistem sharing.
“Biaya penyelenggara pemilihan kepala desa yang berasal dari APBD dan APBDes, dan Pihak ketiga yang tidak mengikat” ungkapnya. Untuk dana dari Pemerintah Daerah (Pemda) sekitar 8 Juta/perdesa. Dana ini hanya boleh digunakan untuk biaya ATK, fotocopy,  pengumuman atau pembutan tanda gambar, pembuatan kotak suara, bilik suara dan makan minum panitia plus honor panitia tingkat kecamatan dan desa.( Sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.