Banner sumsel

Arus Mudik di Jalinsum Baturaja Meningkat 30%

BATURAJA, koranindonesia.id – Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Ogan Komering Ulu (OKU) AKP Candra Kirana mengatakan, menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah tahun ini, arus lalu lintas di ruas Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) wilayah Baturaja, OKU, sudah mulai terlihat mengalami peningkatan.

Lebih lanjut, AKP Candra menjelaskan, peningkatan volume kendaraan dari dua arah sudah mulai terlihat. Contohnya dari arah Baturaja-Palembang dan sebaliknya.

“Diperkirakan peningkatan volumen kendaraan sudah sekitar 30% dari hari-hari normal seperti biasanya. Peningkatan terjadi rata-rata didominasi kendaraan roda empat. Khususnya pada siang hari,” kata Kasat Lantas, dihubungi koranindonesia.id, Jumat (8/6/2018).

Dijelaskannya, dengan kondisi ini pihak Sat Lantas pastinya, akan mempertebal pengamanan dan penjagaan di pos-pos mudik yang disediakan, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Selain itu juga sudah menyiapkan peta perjalanan di pos-pos yang telah disiagakan.

“Satu pos kita siagakan 10 anggota Sat Lantas Polres OKU. Ditambah lagi dari pihak Sat Pol PP OKU, Dinas Perhubungan, Damkar dan Dinas Kesehatan di setiap pos yang disiapkan. Maksimal dalam satu pos disiapkan 15-20 personel piket, 1×24 jam,” paparnya pula.

Selain itu, untuk mengantisipasi dan mengambil tindakan cepat, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, pihaknya bekerja sama dengan dinas terkait menyiapkan mobil derek dan mobil pemadam.

“Kedua kendaraan ini disiagakan di Pos Batukuning, Baturaja Barat. Untuk peta arus mudik dan sarana petunjuk rumah makan, SPBU dan Rest Area, Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan sudah kami pasang di beberapa titik. Seperti di pos yang ada di Batukuning, di perempatan Sukajadi dan pertigaan Kurup,” jelasnya.

Sementara itu, pantauan di lapangan, seperti kawasan padat arus lalu lintas yang ada di Pasar Atas, Baturaja sudah terlihat cukup padat. Terutama di waktu siang hari. Selain itu juga terlihat di ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) wilayah Baturaja, aktivitas kendaraan sudah terlihat ramai, berbeda dari biasanya. Kendaraan roda empat baik pribadi maupun truk angkutan terlihat cukup banyak melintas.(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.