Banner Pemprov Agustus

Arus Balik di Tol Kalikangkung : Volume Kendaraan Mulai Meningkat

Semarang,koranindonesia.id – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi meninjau arus balik lebaran di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. Firman menyebut arus kendaraan ke arah timur (Jakarta) mulai meningkat.

“Melihat perkembangan waktu demi waktu kebangkitan arus yang akan kita perkirakan sesuai dengan imbauan kita mulai akan diperkirakan naik mulai 6, 7, dan 8 Mei 2022,” ucap Irjen Firman Shantyabudi, Kamis (5/5/2022) dilansir situs resmi polri.

Firman mengungkap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mengawal masyarakat yang balik dari kampung halaman usai merayakan Lebaran. Polri, lanjut Firman, fokus untuk mengawal penuh agar arus balik Lebaran 2022 berjalan lancar.

“Jadi kami dengan jajaran di Korlantas dan Polda-polda jajaran tidak ada tugas yang lain kecuali mempersiapkan dengan baik,” jelas Firman.

Firman mengatakan polisi memiliki kewenangan ‘diskresi’ untuk menentukan rekayasa lalu lintas agar perjalanan para pemudik nyaman dan aman sampai tujuan. Kebijakan tersebut bersifat situasional dan dinamis melihat dari perkembangan-perkembangan di lapangan.

“Kapan waktunya kapan harus satu lajur untuk contraflow kapan harus one way secara keseluruhan,” terang Firman.

Terakhir, Firman mengajak masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik ke ibu kota untuk menyiapkan segala atribut mulai dari fisik, stamina, kendaraan dan kebutuh bensin, serta makanan. Hal itu agar dalam perjalanan keselamatan tetap terjaga.

“Sekali lagi ini operasi keselamatan jadi harus dipastikan yang berada di jalan adalah mereka yang sehat, mereka yang berkonsentrasi penuh, siap secara fisik kendaraan dan sebaginya untuk sampai ke tujuan dengan baik,” pungkas Firman

(Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.