Banner sumsel

Antisipasi Kemarau Panjang, Pemkot Bangun Waduk 100 Hektar

PALEMBANG, Koranindonesia.id – Mengantisipasi kemarau panjang dan menyusutnya Sungai Musi yang merupakan bahan baku air bersih PDAM Tirta Musi, Pemerintah Kota Palembang merencanakan membangun waduk seluas 100 hektar sebagai sumber cadangan.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, waduk ini adalah tempat penampungan air bersekala besar, sebagai alternatif dikala Sungai Musi sedang surut bahkan tidak bisa digunakan lagi nantinya. Sungai Musi berada di hilir dan berdekatan dengan laut. Sehingga saat kemarau dimungkinkan air laut bisa masuk. Maka, Palembang harus memiliki alternatif yang mesti dipikirkan dari sekarang.

“Air baku selama ini berasal dari Sungai Musi.  Namun jika terjadi kemarau panjang PDAM belum memiliki cadangan,” katanya usai rapat pengembangan sistem air minum di kantor PDAM Tirta Musi, Senin (22/10/2018).

Sementara, lanjutnya, kedepan jika pelanggan bertambah kembali, maka dipastikan kebutuhan air lebih banyak lagi. “Kita butuh lahan untuk waduk 100 hektar. Ini sedang kita kaji. Waduk ini estimasinya bisa memberikan cadangan air pada musim kemarau selama 6 bulan,” jelasnya.

Menurutnya, Palembang perlu mengambil pelajaran dari kemarau di Kota Samarinda 2012 lalu. Pada saat ini tujuh intake tidak bisa digunakan sebab kekeringan dan kurangnya sumber air baku. “Waduk ini nantinya akan jadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) baru di Palembang, kita siapkan,” ujarnya.

Sementara Itu Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya mengatakan, untuk pengembangan sistem air bersih PDAM berencana membangun kapasitas intake yang di Pulokerto Gandus mencapai 1000 liter perdetik. Namun sementara ini akan dibangun dulu dengan kapasitas 700 liter per detik.

“Pembangunan ini dibutuhkan waktu selama dua tahun,” katanya.

Dibangunnya intake ini, maka daerah pinggiran kota yang belum menikmatimair bersih seperti di kawasan Gandus, Tanjung Barangan hingga ke ujung bisa mendapatkan air bersih. “Daerah pinggiran bisa dialiri air bersih jika intake ini selesai,” katanya. (Iya)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.