Banner sumsel

Antisipasi Kemacetan Jalan Pemprov Sumsel Siagakan 13 Mobil Derek Bagi Pemudik

PALEMBANG, koranindonesia.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel) berupaya maksimal memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang melintas di ruas jalan dalam Wilayah Sumsel. Salah satunya mensiagakan 13 unit mobil derek untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas akibat kendaraan mogok yang berpotensi mengganggu kelancaran lalulintas pemudik.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel H Nasrun Umar saat memimpin Apel Gelar Persiapan Angkutan Lebaran 2019/1440 Hijriah yang berlangsung di Terminal Alang Alang Lebar Km 12 Palembang, Rabu (29/5/2019).

Dalam apel gelar kesiapan ini, diikuti oleh para personel Dishub, Sat Pol PP dan intansi terkait tersebut Nasrun Umar menyatakan, kenyamanan akan angkutan lebaran merupakan prioritas utama yang disiapkan pemerintah setiap tahunnya. Terutama saat musim mudik lebaran demi keselamatan penumpang angkutan sehingga dapat sampai ke tempat tujuan.

“Oleh sebab itu dalam pelaksanaannya perlu koordinasi yang terpadu antara petugas terkait. Terutama dalam hal keamanan, kenyamanan, kelancaran dan keselamatan selama dalam perjalanan,” sebutnya.

Pada musim mudik angkutan lebaran 2019/1440 Hijriah kali ini, lanjut Sekda, diperkirakan akan terjadi lonjakan pergerakan penumpang dengan memperhatikan pengalaman di 2018 yang terlihat terjadi adanya lonjakan penumpang lebih kurang 8% – 10% terutama pada H-5 dan H+3 Idul Fitri.

(FOTO/HUMAS PEMPROV)

“Sudah merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk meminimalisir kecelakaan. Baik di angkutan jalan, kereta api, angkutan laut, dan angkutan udara. Untuk itu kita perlu mempersiapkan dengan baik segala sesuatunya baik sarana dan prasarananya,” tambah Sekda.

Lebih jauh Sekda mengingatkan, para pemudik untuk mengantisipasi kecelakaan akibat cuaca buruk. Yang dapat menyebabkan jalan menjadi licin, tanah longsor yang dapat menghambat lalulintas angkutan pemudik.

“Sebagai antisipasi terhadap gangguan kelancaran lalu lintas angkutan jalan, jajaran Dishub Sumsel telah mempersiapkan 13 mobil derek selama masa angkutan lebaran berlangsung. Mobil derek tersebut akan ditempatkan di Kabupaten/Kota se Sumsel,” ucapnya.

Nasrun Umar berharap kepada seluruh petugas agar dapat berperan aktif selama menjalankan tugas sehingga kendala – kendala yang di hadapi dapat diatasi. Misalnya sulit memperoleh tiket, percaloan, atau kemacetan lalu lintas.

“Saya sangat mengharapkan kepada seluruh jajaran Dinas Perhubungan dan intansi terkait lainnya untuk sungguh-sungguh melaksanakan tugas yang mulia ini sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing,” pungkasnya.
(rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.