Banner sumsel

Anies Targetkan Bus Listrik Beroperasi Juni 2019

JAKARTA,koranindonesia.id-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bus listrik dari TransJakarta masih menunggu proses administrasi, namun Anies sudah menargetkan bus tersebut bisa beroperasi pada Juni 2019.

Anies mengatakan secara administratif sekarang masih dalam proses, dan diperkirakan bulan Juni-Juli selesai dan sudah bisa beroperasi.

Dikatakannya operasional bus listrik pada bulan Juni tersebut masih sebatas uji coba.

“Nanti akan beroperasi dulu sementara melayani sekitar Monas sebagai eksibisi. Jadi semua orang bisa mencoba dan merasakan,” ungkapnya usai uji coba bus listrik Transjakarta di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (29/04/2019).

Sementara itu, Dirut TransJakarta Agung Wicaksono mengatakan ada 2 perusahaan bus listrik yang sedang diuji coba. Satu perusahaan dari China yaitu BYD dan Mobil Anak Bangsa yang berasal dari Indonesia.

Dipaparkannya akan ada penambahan bus b
Apabila uji coba berhasil.

“Kami menginginkan kualitas yang baik tapi juga mendukung pengembangan industri dalam negeri yang memenuhi standar-standar yang tentunya kita tetapkan,” terangnya.

Ditambahkannya operasional bus listrik akan dilelang ke lima operator. Operator akan melakukan pengoperasian bus dengan skema yang sama seperti JakLingko. Ditegaskannya operasional oleh perusahaan operator. Jadi ada 5 operator yang sudah menandatangani MoU (nota kesepahaman, red) dengan TransJakarta.

“Nantinya mereka yang akan mengoperasikan dan TransJakarta membayar layanan para operator itu seperti dengan skema JakLingko yang selama ini berjalan di mana kita membayar rupiah per kilometer,” tandasnya. (erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.