Angkut Logistik ke Pelosok, KPU OKU Siapkan Kuda

BATURAJA,koranindonesia. Id- Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mencatat ada 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS)  yang sulit dijangkau. Selain jaraknya jauh, jalannya juga hanya bisa dilewati kendaraan roda dua jenis trail.

Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, menjelaskan, untuk menuju 12 TPS itu membutuhkan waktu dua jam jika jalan kering. Sebaliknya jika hujan mengguyur bisa membutuhkan waktu lima jam lebih. “12 TPS itu tersebar di 4 kecamatan meliputi

Kecamatan Sosoybuay Rayab, Lengkiti, Peninjauan dan Ulu Ogan. Menyikapi hal ini KPU sudah menyiapkan kuda untuk mengangkut logistik,” ujar Naning, ketika ditemui diruang kerjanya, tadi pagi.

Menurutnya  sudah ada beberapa ekor kuda yang disiapkan. Kuda itu milik warga setempat, yang disewa untuk mengangkut logistik jika kondisi jalan sulit dilintasi oleh kendaraan roda dua.

Meski demikian kata dia, tidak akan mengganggu pendistribusian logistik. H-3 harus sudah sampai ke PPK dan H-1 sebelum pelaksanaan harus ada di TPS.

Naning menjelaskan secara keseluruhan jumlah TPS di OKU 1.243 TPS. Untuk logistik sendiri kata Naning seperti kotak suara dan bilik sudah ada. Dari jumlah kebutuhan kotak suara 6.359 pihak KPU baru menerima 6.243 kotak suara dan ada kerusakan 8 kotak. Artinya masih membutuhkan 124 kotak suara untuk Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Untuk bilik dari kebutuhan 4.972 bilik suara, yang terima oleh KPU 3.530 bilik. Ditambah bilik alimunium yang masih bisa dipakai sebanyak 1.350 bilik suara. Artinya masih ada kekurangan 92 bilik suara,” jelas Naning seraya menambahkan kekurangan sudah disampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Sumsel.

“Kita masih menunggu kapan akan dikirim kekurangan TPS kebutuhan kotak suara dan logistik ini,” jelasnya.(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.