Banner Pemprov 17 Agustus

Anda Harus Tahu, Tanda-tanda Softlens Kadaluarsa

PALEMBANG, Koranindonesia.id — Anda pengguna kacamata, mungkin merasa sedikit kerepotan jika harus membawa atau mengenakannya. Entah rasanya tidak nyaman, lelah di bagian dalam mata, dan terkadang kelupaan. Ada satu cara yang lebih praktis untuk menggantikannya, yaitu dengan memakai lensa kontak atau softlens. Selain membantu penglihatan, kini lensa kontak atau yang lebih dikenal dengan softlens juga sering dijadikan sebagai item untuk menunjang penampilan. Menggunakan softlens jelas bukan suatu hal yang salah, hanya saja karena anda menempelkan alat tertentu pada salah satu bagian tubuh yang rentan yakni mata, anda harus ekstra hati-hati dalam pemasangan, perawatan serta kebersihannya. Secara spesifik, yang harus kita perhatikan betul adalah tanggal kadaluarsanya. Biasanya tanggal kedaluwarsa soflens terhitung dari semenjak anda membuka penutup soflesnya dan sofles tersebut terpapar udara luar. Berikut ini kami akan memberitahui mengenai tanda-tanda sofles yang telah memasuki masa kedaluwarsa, seperti dikutip dari laman kamini.id antara lain adalah:
Timbul Goresan
Salah satu ciri softlens yang bisa jadi telah memasuki masa kedaluwarsa adalah, softlens tersebut memiliki banyak goresan. Lalu, saat softlens tersebut dikenakan, akan timbul rasa tidak nyaman pada mata kamu. Jika kamu mengalami hal di atas, lebih baik segera ganti softlensmu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih bila kamu lupa, atau tak mengetahui tanggal kedaluwarsa dari softlens tersebut.
Terlihat Keruh Saat Dikenakan
Nah, bila kamu mengenakan softlensmu dan pandanganmu terasa buram, terhalangi atau tak jelas, bisa jadi softlensmu telah masuk waktu kedaluwarsanya. Namun, terkadang keruhnya softlens juga disebabkan oleh kotoran yang tidak dibersihkan, atau bahkan bisa saja ada yang terjadi pada kesehatan matamu. Visionexpress menuturkan, kamu dapat melakukan pengujian dengan memasukkan softlensmu ke dalam larutan air garam, bila keruhnya tidak hilang, itu artinya memang softlensnya sudah tidak layak pakai, atau bahkan seperti yang sudah dijelaskan di atas, bisa jadi ada yang salah dengan mata kamu.
Berubah Warna
Bila softlens berubah warna, atau warnanya mulai memudar, maka bisa jadi softlensmu juga sudah memasuki tanggal kedaluwarsa alias sudah tak layak pakai. Atau hal tersebut bisa diakibatkan oleh karena kamu terlalu sering memakainya.
Berubah Bentuk
Nah, jika softlens yang biasa kamu kenakan bentuknya berubah, misalnya terlipat atau tertekuk, lebih baik kamu segera mengganti softlens tersebut dengan yang baru. Softlens dalam keadaan rusak seperti itu bisa membahayakan matamu.
Itulah pembahasan mengenai tanda-tanda softlens kedaluwarsa yang harus kamu ketahui. Menggunakan softlens untuk tujuan memperindah penampilan atau untuk tujuan menjaga kesehatan mata itu sah-sah saja, asalkan jangan sampai tidak memperhatikan soal kualitas dan juga lalai dalam menjaga kesehatan mata. Jika kamu memiliki informasi lainnya mengenai ciri-ciri softlens kedaluwarsa selain yang sudah dibahas di atas, silakan langsung sampaikan di kolom komentar yang ada di bawah, ya. Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.