Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Anda Butuh Kacamata? Klaim Saja ke BPJS, Ada Kacamata Gratis

 

JAKARTA, koranindonesia.id – BPJS Kesehatan tidak hanya melayani berobat gratis dan rawat inap di rumah sakit. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan kacamata gratis dari BPJS Kesehatan dengan pengajuan yang mudah, lumayan untuk membantu membaca dan gaya.
Pemberian kacamata gratis termasuk Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah salah satu program unggulan BPJS Kesehatan. Program ini bertujuan memberikan kepastian perlindungan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia dengan jaminan kesehatan pada hampir seluruh penyakit.

Saat ini, fasilitas pemberian kacamata gratis banyak yang belum tahu. Masih banyak yng bingung juga bagaiman untuk mendapatkannya. Nah, syaratnya adalah Anda berobat ke rumah sakit minta pengantar dulu dari Puskemas.
Masyarakat umumnya hanya tahu menggunakan BPJS untuk rawat jalan dan rawat inap di rumah sakit. Padahal BPJS juga bisa juga bisa memberikan pelayanan berupa alat kesehatan.

Alat kesehatan yang bisa diklaim ini mulai dari kacamata, alat bantu dengar, prostesa gigi, prostesa alat gerak tangan dan kaki palsu, collar neck dan kruk. Nah, kacamata jadi salah satu alat kesehatan paling sering di klaim masyarakat nih.

Buat yang belum tau gimana cara dapatkan kacamata gratis ikuti cara ini. Cara Klaim Kacamata
1. Datanglah ke Puskesmas, klinik atau dokter yang sudah ditunjuk oleh BPJS Kesehatan menjadi faskes 1 kamu.
Di sana mintalah rujukan ke poli mata.
2. Ikuti prosedur rawat jalan tingkat lanjutan atau RJTL yang berlaku bagi peserta JKN-KIS. Yaitu periksa mata sesuai prosedur dari poli yang ada.
3. Selanjutnya, dokter di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) akan memberikan resep pembelian kacamata untuk diambil di optik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.
4. Legalisir resep kacamata ke loket RS, kemudian langsung datangi optik yang menjadi rekanan BPJS Kesehatan dan lakukan pembelian kacamata yang diinginkan.

Syarat untuk melakukan transaksi ini hanya membawa KTP dan kartu BPJS Kesehatan.

Syarat dan ketentuan klaim kacamata gratis

1. Sesuaikan harga kacamata dengan plafon klaim. Layanan yang diberikan BPJS Kesehatan ini berupa subsisi dana. Besaran subsidi dana yang ada tergantung dari kelas kepesertaan yang diambil. Dalam BPJS Kesehatan disebutkan bahwa subsisi dana kelas 3 sebesar Rp 150.000, kelas 2 sebesar Rp 200.000, dan kelas 1 sebesar Rp 300.000.
2. Perhatikan ukuran lensa Ukuran dari lensa pun harus diperhatikan. Karena BPJS Kesehatan hanya akan memberikan subsidi dana untuk ukuran lensa spheris dengan minimal ukuran 0,5 dioptri, dan lensa silindir minimal ukuran 0,25 dioptri.
3. Waktu klaim Anda juga tak bisa sesering mungkin melakukan klaim kacamata. Dalam BPJS Kesehatan disebutkan bahwa pembelian kacamata peserta JKN-KIS hanya bisa dilakukan dua tahun sekali sesuai indikasi medis.(red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.