Banner sumsel

Amin : Pokdarwis Harus Kreatif Kembangkan Desa Wisata

LAHAT, koranindonesia.id – Guna mengembangkan desa wisata, masyarakat kelompok sadar wisata (Pokdarwis) harus memiliki kreativitas dan bisa menciptakan suasana nyaman bagi wisatawan. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat, Sri Muliati SH MM melalui Kabid Objek, Saidina Amin mengingatkan, kreativitas bagi pengelola desa wisata sangat dibutuhkan dalam pengembangan dan peningkatan kunjungan wisata ke desa tersebut.

“Memiliki kreativitas dan bisa menciptakan suasana nyaman bagi wisatawan merupakan dua hal yang sangat penting agar pengembangan desa wisata dapat berhasil dan berkelanjutan. Apalagi kita sangat mengapresiasikan wisata Pelancu di Desa Ulak Pandan dan wisata Cuhub Buluh Desa Lubuk Selo yang sudah dikembangkan oleh Pokdarwis desa itu masing-masing,” katanya.

Menurutnya, di wilayah Kabupaten Lahat saat ini banyak dikembangkan wisata minat khusus berupa desa wisata, keindahan alam, hingga flying fox yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan baik dari lokal maupun luar daerah.

“Masyarakat harus dapat mengembangkan ide-ide kreatif. Ide-ide kreatif di bidang pariwisata harus terus digali dan diciptakan oleh masyarakat agar wisatawan tidak jenuh,” katanya saat ditemui diruang kerjanya,

Ia mengatakan pengembangan ide kreatif ini juga diperlukan untuk menarik wisatawan yang lebih banyak lagi

.“Selain itu masyarakat agar dapat menciptakan kesan yang bagus kepada wisatawan. Satu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah menata dan menjaga kebersihan lingkungannya. Lingkungan yang tertata, bersih atau tidak ada sampah yang dibuang sembarangan akan menciptakan kenyamanan wisatawan,” katanya.

Dikatakannya, bila wisatawan nyaman maka mereka akan tertarik untuk berkunjung kembali dan mengajak wisatawan yang lain. Ia juga mengingatkan para investor yang ikut mengembangkan kegiatan pariwisata di Kabupaten Lahat agar melibatkan masyarakat setempat.

“Masyarakat setempat harus diberdayakan dengan adanya kegiatan pariwisata sehingga tidak hanya menjadi penonton. Pelibatan dalam kegiatan pengembangan pariwisata ini diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan pembangunan di wilayah tersebut,”pungkasnya. (nur)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.