Banner sumsel

Amankan Perolehan Suara Pilgub, BSPN PDIP Sumsel Tempat 2 Saksi di TPS

PALEMBANG,koranIndonesia.id-Untuk mengamankan perolehan suara pada Pemilihan Gubernur Sumsel,  Badan Saksi Pemilu  Nasional (BSPN) PDIP Sumsel  menerapkan saksi berlapis disetiap TPS. Dengan posisi satu saksi berada di TPS dan  asisten saksi berada diluar TPS.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Saksi  Pemilu Nasional PDIP Sumsel , Beni Hernedi saat memberi pelatihan dan pembekalan kepada ribuan saksi, Kamis (21/06/2018)  di Palembang.

Beni memastikan semua TPS diseluruh Sumsel sudah ada saksinya alias 100 persen lengkap.

“Saya minta semua saksi Dodi-Giri untuk mengawasi catat dan kawal C1 100 persen,” katanya.

Dikatakannya, saksi  didalam TPS harus memastikan  proses pemungutan suara  berjalan sesuai dengan ketentuan  yang berlaku, untuk itu  saksi harus berkoordinasi dengan baik dengan penyelenggara dan pengawas pemilu.

Beni juga meminta kepada saksi agar pada saat penghitungan suara supaya mengamankan perolehan suara dengan memastikan kesesuaian  hasil real  dengan pencatatan  didalam form C1. Jika sudah cocok maka C1  diamankan, jika tidak cocok maka wajib mengajukan keberatan.

Plt Bupati Muba ini berkeyakinan dengan menerapkan pola pengamanan perolehan suara dengan menempatkan dua orang saksi maka akan sangat kecil terjadi kecurangan. Apalagi saksi  dan asiten  saksi itu dikawal  5 hingga 10 orang  dari regu  gerak pemilih (Guraklih). (lan)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.