Banner sumsel

Amankan Aset, Pemkot Ukur Ulang Lahan Pasar-Terminal Lemabang

PALEMBANG, koranindonesia.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang segera mengukur ulang luasan Pasar Lemabang dan Terminal Lemabang yang berada di area yang sama. Sebab selama ini ada tumpang tindih dan kesemerawutan pedagang hingga ke badan jalan.

Asisten I Bagian Pemerintahan Setda Kota Palembang Sulaiman Amin mengatakan, Pemkot Palembang saat ini tengah mengamankan aset-aset yang ada. Salah satu upayanya adalah pengukuran kembali lahan pasar dan terminal.

“Selama ini ada tumpang tindih, pedagang berdagang di lahan terminal, tetapi di sisi lain terminal ramai juga karena ada pasar itu, maka kita minta Dinas Perhubungan (Dishub) dan PD Pasar untuk mengukur ulang,” katanya usai rapat pembahasan luasan Pasar dan Terminal Lemabang, Selasa (23/10/2018).

Perintah pengukuran kembali ini juga menindaklanjuti keinginan Dishub, yang meminta agar jangan sampai fungsi terminal digunakan sebagai pasar.

“Sementara ini  lahan yang digunakan keduanya itu seluas 7.000 meter persegi, setelah diukur ulang akan dibagi untuk kebutuhan pasar dan terminal,” jelasnya.

Menurutnya, setelah pengukuran nantinya, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang akan membuat SK Peruntukan yang didalamnya dijelaskan seberapa luas lahan pasar dan terminal. “Mulai pengukurannya secepatnya, harus selesai akhir tahun ini,” tegasnya.

Sementara itu, Dirut PD Pasar Palembang Jaya Saiful mengatakan, pihaknya akan melakukan pengukuran ulang area pasar dan menertibkan pedagang. Para pedagang di Pasar Lemabang memang cukup sulit untuk ditertibkan agar tidak kembali berjualan di luar bangunan pasar. Hanya saja upaya penertiban yang selama ini dilakukan tidak membuat efek jera.

Menurutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP. Tetapi penertiban tidak bisa dengan upaya keras.

“Karena ada perbaikan di bangunan pasar, pedagang disiapkan tenda di dekat bangunan pasar agar tidak berjualan di badan pasar, tapi ternyata masih saja mereka itu menyebar hingga keluar area pasar,” pungkasnya.

(iya).

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.